Scroll to Top

Tata Martino, Pelatih Baru Barcelona

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 23 Jul 2013

Tata Martino, Pelatih Baru Barcelona

Gerardo ‘Tata’ Martino adalah pelatih baru Barcelona, menggantikan Tito Vilanova. Demikian yang disampaikan media Spanyol, mulai dari Marca, AS, hingga Mundo Deportivo. Pelatih yang pernah dipuji oleh Lionel Messi, Nomor 10 dan Kartu AS Barca ini akan terikat kontrak hingga tiga tahun ke depan.

Tata Martino mengalahkan beberapa kandidat lain untuk mengisi kekosongan pelatih Barcelona pasca Tito Vilanova harus serius menjalani perawatan kanker kelenjar parotisnya. Sebelumnya, ada nama Luis Enrique, pelatih Celta Vigo. Plus, di detik-detik terakhir, sempat muncul pula nama Guus Hiddink.

Sang pelatih anyar, baru tiba di Barcelona pada Rabu (24/7). Dengan demikian, ia tidak akan mendampingi klub barunya ketika berhadapan dengan Bayern Munchen asuhan Pep Guardiola di Audi Cup.

Tata Martino tidak sendirian berangkat ke klub Catalan. Ia membawa pula Elvio Paolorroso dan Jorge Pautasso, pelatih fisik dan asistennya. Ia akan menjadi pelatih Argentina keempat dalam sejarah Barcelona. Sebelumnya ada nama Helenio Herrera, Roque Olsen, dan Cesar Luis Menotti. Setiap pelatih yang berasal dari negeri Lionel Messi tersebut senantiasa mampu memberikan gelar bagi klub Catalan.

Sebagai pemain, Tata Martino pernah bertualang ke Liga Spanyol ketika memperkuat Tenerife pada tahun 1991. Sementara itu, beberapa tim yang pernah ditanganinya antara lain Brown de Arrecifes (1998), Platense (1999), Instituto (2000), Libertad (2002-2003), Cerro Porteno (2003-2004), Colon (2005), dan Newell’s Old Boys (2012-2013).

Tata Martino yang menjadikan Marcelo Bielsa (mantan pelatih Athletic Bilbao) sebagai guru, terutama dikenal di dunia berkat strategi gemilangnya untuk Paraguay yang nyaris memulangkan Spanyol lebih awal di Piala Dunia 2010. Ia memang kurang berpengalaman, jauh jika dibandingkan kekuatan Barcelona yang dalam beberapa tahun terakhir menguasai Eropa. Satu yang membuat dirinya lebih spesial dan cocok dengan Barca, adalah perhatian lebihnya terhadap para pemain akademi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda