Scroll to Top

Ubuntu Edge: Inilah Spesifikasi Smartphone Besutan Canonical

By Ditya / Published on Tuesday, 23 Jul 2013
Ubuntu Edge
Ubuntu Edge

Setelah beberapa hari yang lalu muncul, Canonical dan para pengembang sistem operasi Ubuntu Linux bersiap membangun smartphone bernama Ubuntu Edge. Uniknya, smartphone Ubuntu Edge ini dibangun menggunakan konsep sumbangan atau crowdfunding ala kickstarter dengan target yang diharapkan adalah sebesar US $32 juta. Penasaran? Berikut spesifikasi smartphone Ubuntu Edge.

Ubuntu Edge ini akan dibekali dengan layar sentuh berukuran 4,5 inci dengan resolusi HD 720p atau 1280 x 720 piksel. Sayangnya, dapur pacu smartphone Ubuntu Edge ini belum diketahui. Smartphone Ubuntu Edge ini akan mengusung memori RAM sebesar 4GB, cukup besar untuk ukuran smartphone saat ini.

Smartphone Ubuntu Edge ini juga akan dibekali dengan memori internal yang berkapasitas besar, yakni 128GB. Sektor kamera, Ubuntu Edge dibekali kamera belakang jenis low-light dengan resolusi 8 megapiksel lengkap dengan hadirnya LED flash dan kamera depan dengan resolusi 2 megapiksel.

Tak hanya itu, sektor konektivitas smartphone Ubuntu Edge ini juga cukup lengkap dengan dukungan konektor MHL, audio jack 3,5mm, dual-band WiFi, Bluetooth 4.0, LTE, NFC, dan GPS. Smartphone Ubuntu Edge ini berdimensi 4,9 x 2,5 x 0,35 inci. Casing smartphone Ubuntu Edge ini akan terbuat dari metal dan baterai jenis silicone-anode Li-Ion yang diklaim Cononical memiliki daya tahan yang lama.

Smartphone Ubuntu Edge ini nantinya akan datang dengan dua sistem operasi dengan mekanisme dual-boot, yakni Ubuntu Touch OS dan Android. Hal ini merupakan langkah yang cukup cerdik, mengingat sistem opeasi Ubuntu Touch OS belum cukup matang hingga saat ini.

Seperti yang dilansir dari Liliputing (22/07/2013), salah satu kelebihan sistem operasi Ubuntu Touch OS yang diusung oleh Ubuntu Edge ini adalah kemampuan untuk menjalankan aplikasi Ubuntu versi desktop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda