Scroll to Top

Ubuntu Edge akan Mampu Jalankan Aplikasi Microsoft Office

By Ditya / Published on Wednesday, 24 Jul 2013
Ubuntu Edge
Ubuntu Edge

Canonical telah secara resmi mengumumkan proyek smartphone Ubuntu Edge yang menggunakan dua sistem operasi dengan mekanisme dual-boot Ubuntu Touch OS dan Android. Baru-baru ini Canonical mengatakan bahwa smartphone Ubuntu Edge akan dapat menjalankan aplikasi Microsoft Office.

Pembesut sistem operasi Ubuntu Linux ini menjanjikan pengguna dari kalangan perusahaan dapat menggunakan paket aplikasi kantor Microsoft Office melalui smartphone Ubuntu Edge. Saat ini Canonical memang tengah mengumupulkan dana sebesar US $ 32 juta untuk memproduksi Ubuntu Edge.

“Untuk pengguna perusahaan yang sudah menjalankan desktop mereka di cloud, inilah sesuatu yang menakjubkan. Ubuntu untuk Android bahkan mendukung akses thin-client ke cloud-host aplikasi Windows seperti Microsoft Office,” kata Leann Ogasaware, pemimpin dari tim kernel Ubuntu dari Canonical.

Ubuntu MS Office

Kehadiran fitur ini di smartphone Ubuntu Edge diharapkan dapat menarik perhatian atau menginspirasi perusahaan untuk turut bergabung dalam proyek crowdfunding smartphone Ubuntu Edge besutan Canonical. Sejauh ini proyek Ubuntu Edge telah mendapatkan dana hingga $3 juta lebih dari target $32 juta.

Ubuntu Edge ini akan dibekali dengan layar sentuh berukuran 4,5 inci dengan resolusi HD 720p atau 1280 x 720 piksel. Sayangnya, dapur pacu smartphone Ubuntu Edge ini belum diketahui. Smartphone Ubuntu Edge ini akan mengusung memori RAM sebesar 4GB, cukup besar untuk ukuran smartphone saat ini.

Tak hanya itu, sektor konektivitas smartphone Ubuntu Edge ini juga cukup lengkap dengan dukungan konektor MHL, audio jack 3,5mm, dual-band WiFi, Bluetooth 4.0, LTE, NFC, dan GPS. Smartphone Ubuntu Edge ini berdimensi 4,9 x 2,5 x 0,35 inci. Casing smartphone Ubuntu Edge ini akan terbuat dari metal dan baterai jenis silicone-anode Li-Ion yang diklaim Canonical memiliki daya tahan yang lama.

Smartphone Ubuntu Edge ini juga akan dibekali dengan memori internal yang berkapasitas besar, yakni 128GB. Sektor kamera, Ubuntu Edge dibekali kamera belakang jenis low-light dengan resolusi 8 megapiksel lengkap dengan hadirnya LED flash dan kamera depan dengan resolusi 2 megapiksel.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (23/07/2013), kehadiran smartphone Ubuntu Edge ini diharapkan dapat memberikan warna baru dalam inovasi dan persaingan di dunia smartphone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda