Scroll to Top

BBM Kembali Ngadat, Kemenkominfo: Lebaran Haram Gangguan!

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 24 Jul 2013

BBM

Layanan Blackberry Messenger kembali alami gangguan. BBM ngadat pada Selasa (23/07/13) malam. Kemenkominfo tegas akan peringatannya yang terakhir ke Blackberry; haram gangguan saat Lebaran. Seperti apa?

Ternyata gangguan yang terjadi bukan hanya dinikmati pengguna BBM di Indonesia saja. Delay layanan Blackberry yang ada berdampak ke pengguna di Asia pasifik. Namun, meski BBM terganggu, pengguna masih bisa gunakan fitur BB lain.

Misalnya browsing, update status di aplikasi media sosial, berkirim email, dan lainnya. Jika menilik ke belakang, layanan BBM di tahun ini alami gangguan sebanyak tiga kali. Pertama pada 12 Mei, kedua pada 3 Juli, dan terakhir kemarin. Sedangkan di tahun 2012 terjadi tiga kali gangguan.

Kementerian Komunikasi dan Infomatika (Kemenkominfo) berharap jika gangguan serupa tak terjadi pada saat Lebaran nanti. Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenkominfo Gatot S Dewa Broto kecewa atas terjadinya beberapa kali gangguan di Indonesia.

Namun meski kecewa, Kemenkominfo berikan apresiasi tersendiri pada Blackberry. Klarifikasi, sebut Gatot, itulah kuncinya. Kali ini ada yang beda. Blackberry cepat berikan informasi jika terjadi gangguan.

Sementara itu, Director Government Relations BlackBerry Indonesia Kusuma Lienandjaja sempat menjelaskan apa yang terjadi dengan BBM pada gangguan 3 Juli lalu. Menurutnya, ada konfigurasi yang salah.

Pada saat maintenance, jelasnya, ada konfigurasi yang salah. Imbasnya, ada komponen yang failed. Maka sistem tidak berjalan dengan baik. Demikian tulis Kompas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda