Scroll to Top

FB SBY, Jokowi, Prabowo Berkompetisi, Siapa Jawaranya?

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 24 Jul 2013

SBY Jokowi Prabowo

Geliat politik saat ini kian menyasar ke ranah media sosial. Para politisi baik itu di tingkat daerah hingga pusat lakukan sosialisasi gerakannya via Facebook yang kini kian populer sebagai media kampanye. Ibarat bersaing di tingkat politik, FB SBY, Jokowi, dan Prabowo juga berkompetisi di media sosial. Lantas, siapakah jawaranya?

Menurut monitoring Vcomm yang gunakan tool dari SocialBakers, setidaknya politisi dari lima partai politik manfaatkan media sosial sebagai ajang sosialisasi dan ajang meraih dukungan. Partai-partai tersebut yakni Golkar, Demokrat, PDI-P, Gerindra, dan Hanura.

Arif Hidayat dari Social Media Vee Communications (VComm) berujar pada Merdeka jika bukan hanya capres saja yang bersaing di jejaring sosial. Calon legeslatif, ujarnya, turut meraimakan sosialisasi dan berebut dukungan di media sosial.

Untuk pemetaan partai sendiri masih dikuasai oleh Demokrat dengan 3.000 dukungan per harinya. Posisi kedua diisi oleh PDI-P dengan 600 dukungan setiap hari. Di peringkat ketiga ada Golkar dengan 300 dukungan. Untuk dukungan secara keseluruhan masih dikuasai oleh Gerindra.

Lewat laman Facebook Gerindra, parta ini via Prabowo Subianto melenggang di posisi pertama dengan 2,8 juta. Di posisi kedua ada SBY dari Demokrat dengan 330 ribu. Gubernur fenomenal ibukota Jokowi dari PDI-P ada di peringkat ketiga dengan 206 ribu dukungan.

Sementara itu calon lain seperti Aburizal Bakrie dari Golkar hanya miliki 24 ribu dukungan. Hanura via Wiranto hanya peroleh 129 ribu dukungan. Arif berujar jika pergeseran kampanye yang menyasar ke media sosial akan semakin tren menuju Pemilu 2014 nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda