Scroll to Top

6 Manfaat Menyanyi untuk Fisik dan Mental Anda

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 25 Jul 2013

menyanyi

Bernyanyi ternyata memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan fisik dan mental Anda. Menyayikan lagu-lagu yang Anda sukai memberikan nilai lebih buat Anda. Dikutip dari Genius Beauty, inilah manfaat kesehatan dari aktivitas menyanyi:

  1. Meningkatkan kualitas hidup. Menyanyi dapat menjadi jalan untuk menemukan kegembiraan. Selain itu, menyanyi mampu memberikan efek anti-depresi yang sama baiknya dengan melakukan yoga, menjalani sesi psikoterapi, atau melatih kebugaran.
  2. Menyanyi dengan teknik pernafasan yang tepat akan membuat darah penuh dengan oksigen. Mungkin pada awalnya Anda akan pusing. Namun seiring dengan hal tersebut, fungsi kerja jantung dan pernafasan meningkat. Pelajaran vokal yang ringan juga bisa meringankan asma bronkial, bronkhitis kronis, dan tonsilitis.
  3. Meningkatkan kemampuan ketrampilan berbicara di depan umum. Terapi vokal membantu seseorang untuk mengatasi rasa gagap di depan umum. Teknik vokal membantu mengatasi kekakuan leher, membuat bibir dan lidah lebih aktif, pengaturan panjang-pendek nafas yang tepat, serta mengontrol aliran udara. Dengan bekal ini membantu seseorang tampil lebih baik untuk kemampuan berbicaranya.
  4. Tubuh menjadi lebih kencang. Orang yang bernyanyi dengan tepat harus diikuti dengan postur tubuh yang baik. Misalnya punggung lurus, bahu ke belakang, hingga perut yang ditarik masuk. Postur tubuh sepeti ini melatih otot tubuh untuk lebih kencang.
  5. Memberikan efek antipenuaan. Orang yang bernyanyi akan memaksa otot wajahnya untuk selalu aktif. Ini menghaslkan efek antipenuaan karena otot selalu terjaga kekencangannya.
  6. Mampu mengelola emosi. Orang yang gemar menyanyi lebih bisa untuk mengontrol emosinya. Dia memiliki emosi yang lebih stabil dan cenderung kerap dalam mood baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda