Scroll to Top

Hal Lasko, Pria Tunanetra 97 Tahun Ini Mahir Melukis via MS Paint

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 25 Jul 2013
Hal Lasko
Hal Lasko

Usianya sudah cukup senja. Satu abad kurang tiga tahun. Namun, darah seninya luar biasa. Meski dalam kondisi tunanetra, Hal Lasko tetap produktif hasilkan karya seni lukis. Uniknya, ia ciptakan masterpiece-nya via MS Paint.

MS Paint atau Microsoft Paint adalah aplikasi pengolah gambar yang disuntikkan Microsoft ke semua versi Windows yang dirilis. Biasanya aplikasi ini digunakan untuk alat menggambar bagi pemula.

The Thriller by Hal Lasko
Lukisan ‘The Thriller’ karya Hal Lasko.

Hal Lasko sendiri berkenalan dengan MS Paint pada akhir tahun 1990-an. Ia sendiri alami kebutaan pada tahun 2005. Hal Lasko habiskan 10 jam sehari untuk hasilkan karya seni di perangkat lunak pengolah gambar ini.

Dalam sebuah video di Yotube ia menunjukkan bagaimana aktivitasnya dalam keseharian. Hal Lasko juga tunjukkan bagaimana ketrampilannya dalam melukis via MS Paint.

Woods in Avon by Hal Lasko
Lukisan ‘Woods in Avon’ karya Hal Lasko.

Lukisannya sendiri dijual dengan harga cukup terjangkau. Sekitar USD 98 atau Rp 980 ribu. Menariknya yakni, 10% hasil dari penjualan akan disumbangkankan ke program Veterans of Foreign Wars.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda