Scroll to Top

Melewatkan Sarapan Bisa Berisiko Penyakit Jantung Pada Pria

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 25 Jul 2013

sarapan

Sebaiknya pria tidak meninggalkan paginya tanpa makan pagi sebelum beraktivitas. Pasalnya, sarapan akan menjaganya dari meningkatnya risiko serangan jantung yang bisa berakibat fatal. Sarapan perlu dibudayakan sebagai bagian gaya hidup pria.

Temuan terbaru mengenai sarapan dan efeknya pada serangan jantung ada dalam kesimpulan studi yang dilakukan Harvard School of Public Health di Boston. Selain sarapan bakal memberikan energi harian, aktivitas ini juga diketahui sebelumnya efektif dalam menekan risiko obesitas dan diabetes.

Sementara itu, dalam studi ini peneliti melibatkan 27 ribu pria berusia antara 45 sampai 82 tahun. Mereka diamati selama 16 tahun. Dalam masa tersebut, diketahui ada 1.600 pria yang mengalami serangan jantung. Dari analisa peneliti didapatkan hasil, orang-orang yang melewatkan sarapan paginya 27 persen lebih tinggi untuk mendapatkan serangan jantung atau meninggal akibat penyakit jantung dibanding pria yang secara rutin sarapan.

“Melewatkan sarapan dapat menyebabkan satu atau lebih faktor risiko, termasuk obesitas, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes, yang pada gilirannya dapat menyebabkan serangan jantung dari waktu ke waktu,” kata Dr Leah E. Cahill, peneliti postdoctoral di departemen nutrisi Harvard School of Public Health, seperti dikutip CBS News.

Faktor risiko ini akan saling berkaitan dengan faktor pemicu lainnya. Misalnya merokok, belum menikah, minum alkohol, kurang aktif secara fisiko, hingga memiliki pekerjaan yang terlalu berlebihan jam kerjanya. Peneliti juga menemukan, orang yang terbiasa beranjak tidur ketika sudah tengah malam lebih mungkin  55 persen memiliki risiko penyakit jantung.

Studi diterbitkan dalam jurnal Circulation pada 22 Juli, dan merupakan jurnal dari American Heart Association.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda