Scroll to Top

Tips Menghadapi Gatal di Organ Intim Wanita

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 25 Jul 2013

organ intim

Vagina gatal adalah salah satu masalah umum yang dialami wanita di area intim. Banyak penyebab dari rasa gatal ini. Kebanyakan masalah vagina gatal dipicu oleh tidak bersihnya alat intim dari adanya jamur dan alergi. Oleh karena itu, disarankan bagi wanita untuk selalu rutin membersihkan area tersebut setelah buang air kecil dan selalu mengganti celana dalam minimal dua sehari sehari.

Sebenarnya dalam area intim wanita memiliki bakteri. Bakteri ini mempertahankan agar kadar keasaman vagina selalu dalam ukuran standarnya. Hanya saja, ketika vagina tidak besih akan berdatangan bakteri merugikan. Bakteri merugikan inilah yang lantas menyebabkan gatal, bau, dan menimbulkan sensasi seperti terbakar di area intim.

Sementara itu jika penyebabnya adalah jamur, rasa gatal bisa muncul karena aktivtas seksual, banyaknya kadar gula dalam tubuh, pengaruh antibiotik, dan lemahnya sistem kekebalan tubuh. Yang perlu diwaspadai yaitu jika kemunculan cairan putih namun terasa gatal. Kemungkinan hal tersebut terjadi ketidakseimbangan pH di area intim yang dipicu jamur. Tanda infeksi jamur makin nyata dengan adanya rasa gatal, terbakar, dan cairan putih menjadi kental.

Bila menemukan rasa gatal di area intim Anda dengan disertai tanda tersebut, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  1. Pakailah obat oral atau gel yang berfungsi memberikan efek menenangkan pada vagina. Hindari makanan manis karena jamur sangat terbantu siklus hidupnya dengan adanya gula. Selama pengobatan sebaiknya menghindari makanan berkarbohidrat.
  2. Pakailah pakaian katun yang mudah mengering dengan cepat. Ini mencegah tubuh basah sepanjang waktu, termasuk di area intim. Pastikan untuk mengganti celana dalam minimal dua kali sehari dan pastikan benar-benar kering. Pakailah pembersih khusus vagina untuk menjaga keseimbangan kadar pH.
  3. Untuk gatal vagina yang disebabkan oleh reaksi alergi,  sebaiknya Anda tidak menggunakan lotion dan sabun dengan aroma parfum yang kuat. Mungkin pula alergi tersebut dipicu oleh jenis kain dari pakaian yang Anda kenakan. Kenali penyebab alergi tersebut dan hindari mendapatinya di sekitar Anda.

Apabila dengan cara-cara sederhana tidak menghilangkan rasa gatal di vagina Anda, sebaiknya segera mengubungi dokter ahli untuk penanganan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda