Scroll to Top

Kebiasaan Kerja Lembur Tidak Baik untuk Kesehatan

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 25 Jul 2013

kerja lembur

Fenomena kerja lembur sudah menjadi hal biasa terutama bagi para pekerja. Memang dari sisi pendapatan, pekerjaan lembur akan menghasilkan tambahan penghasilan. Namun, kalau ditilik dari risiko yang dihadapi pelakunya, kerja lembur yang dilakukan secara rutin justru tidak baik bagi kesehatan.

Konsekuensi kesehatan yang mesti dihadapi saat bekerja lebih dari 8 jam ini patut diwaspadai. Dikutip dari She Knows, manusia memiliki keterbatasan saat dirinya diajak tetap aktif bekerja lebih dari 8 jam. Ada empat efek yang sangat ungkin dialami oleh pekerja lembur, yaitu:

  1. Mereka yang bekerja lebih dari 10 jam sehari berpeluang 60 persen lebih tinggi untuk mengalami serangan jantung. Bahkan, serangan ini sifatnya tiba-tiba ata mendadak kejadiannya.
  2. Kerja lembur menyita waktu seseorang untuk memenuhi kebutuhan tidur antara 6-8 jam. Padahal, efek kurang tidur itu patut untuk diperhatikan. Beberapa di antaranya yaitu meningkatan risiko diabetes, obesitas, stroke, hingga serangan jantung.
  3. Biasanya pelaku kerja lembur lebih mudah terserang cemas, frustrasi, dan kurang sabar.
  4. Pelakunya juga lebih mungkin mengalami stres yang sifatnya adiktif, atau menjadi kebiasaan. Banyak akibat yang buruk bagi kesehatan saat seseorang kerap mengalami stres.

Para pekerja lembur diketahui pula kerap menerapkan gaya hidup tidak sehat untuk mengimbangi tuntutan pekerjaan. Mereka lebih suka makan fast food dan mengambil kafein dari minuman kopi yang dikonsumsi. Padahal, ketika seseorang mengalami tekanan dan mendapat pengaruh kafein, maka menjadikannya mudah marah. Selain itu sistem kekebalan tubuhnya melemah dan lebih mudah mengembangkan sikap-sikap yang negatif. Jika sudah parah dapat menimbulkan depresi.

Jika Anda termasuk orang yang tidak bisa lepas dari lingkungan kerja lembur, pastikan Anda memiliki “penyeimbang”. Penyeimbang ini meliputi aktivitas-aktivitas untuk meredam stres dan memberikan tubuh nutrisi yang lebih baik. Atur pekerjaan agar Anda dapat meminimalkan adanya lembur demi memberikan tubuh untuk beristirahat. Atur waktu sebaik-baiknya dan terapkan gaya hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda