Scroll to Top

Timnas Indonesia Vs Chelsea: Ini Formasi yang Disiapkan RD

By Aditya / Published on Thursday, 25 Jul 2013

Rahmad Darmawan Mourinho Timnas Indonesia Chelsea RD

Laga ujicoba antara Indonesia All Stars alias gabungan Timnas Indonesia senior dan Timnas Indonesia U-23 melawan tim raksasa Inggris, Chelsea, di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta sebentar lagi bakal tersaji. Pelatih Timnas Indonesia All Stars, Rahmad Darmawan (RD), pun telah menyiapkan formasi yang akan diterapkan saat menghadapi Chelsea nanti.

RD mengatakan bahwa dirinya akan menggunakan formasi 4-1-4-1 dan 4-4-1-1. Dua formasi ini dirasa mampu menangkal taktik pelatih Chelsea, Jose Mourinho, yang diperkirakan akan memakai formasi 4-2-3-1.

“Chelsea akan memakai formasi 4-2-3-1, dan saya menyiapkan dua formasi, yakni 4-1-4-1 dan 4-4-1-1. Formasi ini sederhana, dan cocok untuk kita gunakan di pertandingan nanti,” ungkap Rahmad Darmawan di Jakarta.

Formasi yang disusun oleh RD tersebut menempatkan satu striker utama sebagai ujung tombak yang kemungkinan akan diisi oleh Greg Nwokolo atau Agung Supriyanto meskipun Syamsir Alam, Ferdinand Sinaga, atau Titus Bonai juga bisa memainkan posisi ini.

Penyerang tunggal akan didukung oleh empat gelandag yang dua di antaranya dapat berperan sebagai penyerang sayap, semisal Andik Vermansyah, Hendra Bayauw, Bayu Gatra, atau Rizki Pellu. Salah satu dari mereka bisa pula mengisi posisi sebagai penyerang lubang manakala formasi 4-4-1-1 diterapkan.

Sementara gelandang murni seperti Ahmad Bustomi, Egi Melgiansyah, dan Rasyid Bakri akan bergantian menggalang kedalaman skuat di lini tengah Timnas Indonesia. Raphael Maitimo pun bisa dimainkan di posisi ini.

Di sektor belakang, keempat pemain yang bakal diturunkan adalah punggawa skuat Timnas Indonesia senior, antara Hasim Kipuw, Victor Igbonefo, Hamka Hamzah, Ruben Sanadi, hingga M. Roby. Namun, Seftia Hadi atau Purwaka Yudhi juga siap diturunkan untuk melapis para seniornya.

Posisi kiper utama kemungkinan besar tetap akan dipercayakan kepada Kurnia Meiga dengan Aji Saka sebagai penjaga gawang cadangan. RD pun menjanjikan semua pemain akan diturunkan di laga melawan Chelsea nanti.

“Untuk tim inti kemungkinan menurunkan pemain dari timnas senior di lini belakang. Sedangkan lini tengah dan depan berisikan campuran pemain timnas senior dan U-23. Saya akan memberikan kesempatan kepada semua pemain untuk bermain,” tandas RD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda