Scroll to Top

Inilah Kisah Romantisme Quadri dengan Replika Taj Mahal Buatannya

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 25 Jul 2013

taj mahal

Kisah romantisme Taj Mahal memberikan inspirasi bagi seorang pensiunan pejabat di India utara untuk mendirikan bangunan serupa. Itu dilakukan demi menghormati mendiang istrinya yang telah meninggal pada Desember 2011 karena kanker. Pria ini bernama Faizul Hasan Quadri (77 tahun) dan mendiang istrinya adalah Tajammuli Begum.

Replika Taj Mahal buatan Quadri merupakan monumen cinta bagi istrinya. Dia menempatkan replika Taj Mahal-nya di Distrik Bulanshahr, negara bagian Uttar Pradesh.  Quadri mengaku membangun replika ini untuk sebuah alasan, yaitu perasaan cinta yang sangat membuncah teruntuk istri yang telah memberikan semangat hidup baginya. Dia ingin mengabadikan cintanya untuk Begum, sebagaimana Raja Mughal Shahjahan membuat Taj Mahal bermarmer putih bagi mendiang istrinya. Walhasil, replika Taj Mahal tersebut menarik minat pengunjung untuk melihatnya lebih dekat.

“Kami tak punya anak, jadi istriku selalu berkata, ‘setelah kita mati, tidak akan ada seorang pun mengingat kita, kita akan dilupakan’. Jadi saya berjanji bahwa jika dia mati sebelum saya, saya akan membangun sebuah makam nan indah untuknya agar semua orang akan mengingatnya selama berabad-abad, ” kata Quadri seperti dikutip BBC.

Untuk membangunnya, Quadri mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Setidaknya 15 ribu dolar AS telah dikorbankan. Dana itu diperoleh dari tabungan, penjualan perhiasan istri, dan penjualan sebidang lahan pertaniannya. Namun dana tersebut ternyata masih kurang. Quadri masih memerlukan sekitar 10 ribu dolar AS lagi untuk menyelesaikan pembangunan. Untuk tujuan itu, dia bertekad untuk mampu membiayai sendiri tanpa melibatkan sumbangan dari pihak mana pun.

“Ini bukan makam orang suci atau tempat ibadah, ini hanya makam istri saya, dan saya tidak ingin membangun monumen istri saya dengan menggunakan sumbangan dari orang lain. Saya ingin menyelesaikannya dengan menggunakan uang saya sendiri, tidak peduli berapa lama pekerjaannya,” tutur Quadri.

Itulah wujud sepenggal kisah cinta antara Quadri dan Begum yan telah dijalaninya selama 58 tahun. Begum dinikahi Quadri pada usia 14 tahun. Sementara kala itu, Quadri masih berusia 17 tahun. Cinta yang telah dibina dengan ikatan suci sejak dini itu sampai sekarang masih menggelora. Akankah Anda akan mencintai pasangan sedemikian hebatnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda