Scroll to Top

Makin Tinggi Wanita, Resiko Terserang Kanker Makin Besar?

By C Novita / Published on Friday, 26 Jul 2013

tinggi badan

Sebuah studi di Amerika Serikat menyimpulkan bahwa bila dibanding dengan wanita yang bertubuh pendek, wanita tinggi semampai lebih besar resiko terserang kanker saat menopause. Penelitian tersebut dipublikasikan dalam jurnal Cancer Epidemiology AS.

Penelitian yang dilakukan oleh Yeshiva University tersebut melibatkan 145.000 wanita usia 50-79 tahun yang sudah menopause. Terlihat bahwa makin tinggi 10 cm seorang wanita, resiko mereka mengalami kanker meningkat hingga 13 persen.

Fakta mengejutkan lainnya, penelitian tersebut mengungkap bahwa kanker lebih banyak terhubung dengan tinggi badan seseorang ketimbang berat badannya, demikian dilansir oleh Dailymail.

“Pada akhirnya, kanker merupakan hasil dari proses yang berkaitan dengan pertumbuhan, sehingga masuk akal bahwa hormon atau faktor pertumbuhan lainnya yang mempengaruhi tinggi juga dapat mempengaruhi risiko kanker,” ungkap Geoffrey Kabat, epidemiolog senior di Albert Einstein College Universitas Yeshiva, AS.

Kanker tersebut adalah jenis dari kanker payudara, kanker kolon, ginjal, ovarium, tiroid, melanoma dan myeloma.

Bahkan, setelah faktor lain diuji pengaruhnya terhadap resiko kanker tersebut semisal pendidikan, merokok, alkohol, dan terapi hormon serta usia dan berat badan, tinggi tubuh lebih memiliki keterkaitan dengan resiko kanker tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda