Van Persie-Fujimoto

Hasil kurang menyenangkan di laga pra-musim kembali harus diterima David Moyes. Pertandingan pra-musim antara Cerezo Osaka vs MU di Osaka Nagai Stadium, Jumat (26/7/2013), harus berakhir dengan skor 2-2 dan membuat Manchester United hanya meraih satu kemenangan dalam empat laga yang mereka lakoni di Asia pada musim panas tahun ini.

United memakai jersey away anyarnya di pertandingan ini. Kombinasi warna hitam dan biru tua dengan corak gingham diperkenalkan untuk pertama kalinya di laga versus Osaka.

Menit pertama, serangan United sudah membuat pertahanan Osaka terbuka. Lengahnya dua bek Osaka membuat Robin van Persie punya waktu untuk menembak bola namun bisa diamankan Kim Jin Hyeon. Tujuh menit berikutnya giliran Anders Lindegaard yang menggagalkan usaha pemain Osaka.

Memasuki menit 12, United harusnya bisa memimpin lebih dulu. Umpan terobosan bagus dikirim oleh Shinji Kagawa dan meloloskan RvP dari jebakan offside. Sayangnya, bola lob yang ia kirim masih bisa dibaca Kim.

Berikutnya, serangan Osaka terlihat lebih berbahaya. Satu tendangan Jumpei Kusukami di menit 19 membuat Lindegaard jatuh bangun menyelamatkan gawangnya. Dari tendangan penjuru, bola sundulan Tomonobu Yokoyama tepat di pelukan Lindegaard.

Pertahanan United memang patut dipertanyakan. Osaka harusnya bisa memetik keunggulan di menit 25 atau 27 disaat dua peluang emas di kotak penalti gagal dimanfaatkan Sugimoto.

Bobroknya pertahanan United akhirnya terhukum juga. Blunder fatal Chris Smalling di area pertahanannya sendiri kemudian dimaksimalkan Kenyu Sugimoto untuk mengirim bola ke gawang United. Laju bola tidak terlalu keras namun cukup untuk membuat Lindegaard mati langkah.

Memasuki menit 54, skor akhirnya berimbang. Ashley Young terjatuh di kotak penalti Osaka dan membuat wasit menunjuk titik putih. Kagawa yang ditunjuk sebagai algojo gagal menunaikan tugasnya setelah Kim berhasil menepis bola dan memberi sepak pojok bagi MU.

Namun dari situasi itu lah Shinji Kagawa membayar lunas kesalahannya. Ia berada di posisi tepat di tiang dekat untuk menyambut bola umpan Ryan Giggs dan membuat Kim kali ini tak berkutik.

10 menit berikutnya, Osaka kembali memimpin. Adalah Takumi Minamino yang membuat Lindegaard bertekuk lutut untuk kali kedua. Gol tercipta cukup indah dimana pemain bernomor 13 itu melesatkan bola ke tiang jauh yang tak mampu digapai Lindegaard. 2-1!

United nyaris menyamakan skor di menit 86 saat Jesse Lingard melakukan pergerakan bagus untuk meloloskan diri dari kawalan lawan. Namun bola tendangan kaki kanannya masih melebar tipis dari gawang Osaka.

Gol penyeimbang akhirnya lahir di menit 91. Anderson sudah berhadapan dengan kiper Osaka, namun ia lebih memilih mengopernya pada Wilfried Zaha yang ada di posisi lebih bebas. 2-2!

Data Pertandingan:

Cerezo Osaka 2-2 MU (Sugimoto 33’, Minamino 64’ / Kagawa 54’, Zaha 91′)

Susunan Pemain:

Cerezo Osaka: Kim Jin Hyeon, Kota Fujimoto, Hotaru Yamaguchi, Yusuke Maruhashi, Tomonobu Yokoyama, Noriyuki Sakemoto, Jumpei Kusukami (Ryuji Bando 79’), Fabio Simplicio (Masato Kurogi 65’), Kenyu Sugimoto, Takumi Minamino (Daiki Kogure 87’), Edno (Takuma Edamura 65’)

MU: Anders Lindegaard, Rafael (Fabio 79’), Chris Smalling, Rio Ferdinand, Alexander Buttner (Patrice Evra 79’), Phil Jones (Anderson 46’), Ryan Giggs (Tom Cleverley 79’), Ashley Young (Jesse Lingard 79’), Shinji Kagawa (Wilfried Zaha 57’), Danny Welbeck, Robin van Persie (Adnan Januzaj 69’)