Scroll to Top

3 Kota Suci Bagi Umat Islam

By C Novita / Published on Saturday, 27 Jul 2013

kota suci

Islam merupakan agama dengan jumlah pengikut terbesar ke 2 di dunia. Ada beberapa tempat bersejarah dan berperan besar di awal munculnya agama Islam, yang hingga kini banyak diziarahi. Tempat-tempat tersebut berada di 3 kota yang terletak di Timur Tengah.

Apa saja 3 kota tersebut? ini dia seperti dilansir oleh Boldsky:

  • Mekkah

Di kota ini terdapat Ka’bah yang menjadi kiblat sholat dan tempat para muslimin menunaikan ibadah haji dan umroh. Ka’bah dibangun oleh Nabi Ibrahim AS. Di dekat lokasi Ka’bah juga terdapat keajaiban berupa sumur zam-zam, yang tak pernah berhenti mengalir sejak ratusan tahun yang lalu hingga saat ini. Di kota ini pula Nabi Muhammad SAW lahir dan juga menerima wahyu dari malaikat Jibril.

  • Madinah

Di kota ini pertama kalinya Nabi Muhammad SAW mendirikan masjid pertama dikala sedang hijrah. Saat penguasa Mekkah yang masih kafir berniat membunuh beliau, kota Madinah dan penduduknya malah menyambut kedatangan beliau dengan sukacita. Masjid yang terkenal di kota Madinah adalah Masjid Nabawi, dibangun pada bekas rumah Rasulullah SAW. Di kota ini pula Nabi tinggal hingga masa wafatnya.

  • Yerusalem/Palestina

Di Yerusalem terdapat sebuah masjid yang bersejarah bagi umat Islam, yaitu Masjid Al-Aqsa. Dari masjid ini Rasulullah SAW melakukan perjalanan Isra’ Mi’raj ke langit dan menerima perintah sholat untuk umat Islam.

Itu adalah 3 kota bersejarah bagi umat muslim, yang di bulan Ramadhan ini banyak dikunjungi oleh kaum muslimin dari seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda