Scroll to Top

Nexus 7 Generasi Kedua vs iPad Mini: Mana yang Lebih Unggul?

By Ditya / Published on Saturday, 27 Jul 2013
Nexus 7 vs iPad Mini
Nexus 7 Generasi Kedua vs iPad Mini

Google dan Asus baru saja merilis tablet dengan layar 7 inci terbarunya bersamaan dengan update sistem operasi Android 4.3 Jelly Bean, yakni Nexus 7 generasi kedua. iPad Mini masih menjadi lawan terdekat bagi tablet Nexus 7 generasi kedua, lalu mana yang lebih unggul antara Nexus 7 generasi kedua vs iPad Mini? Simak artikel berikut ini.

Layar

Apple iPad Mini mengusung layar berukuran 7,9 inci dengan resolusi yang sama dengan iPad 2, yakni 1024 x 768 piksel dengan kerapatan piksel 163 ppi (pixel per inch).

Sementara Nexus 7 generasi kedua mengusung layar 7 inci dengan teknologi LTPS(Low Temperature PolySilicone) LCD dengan resolusi full HD 1920 x 1200 piksel dengan kerapatan layar mencapai 323 piksel per inci.

Dapur Pacu

Apple iPad Mini ini sebenarnya tak ada ubahnya dengan iPad 2 yang dipangkas ukuran layarnya. iPad Mini mengusung spesifikasi yang sama dengan iPad 2, yakni ditenagai oleh prosesor Apple A5 dual-core dengan kecepatan 1GHz yang didukung oleh memori RAM sebesar 512MB serta grafis dari PowerVR SGX543MP2.

Nexus 7 generasi kedua ini ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon S4 Pro yang mengusung prosesor Krait quad-core dengan kecepatan 1,5GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB dan didukung oleh grafis dari Adreno 320. Nexus 7 generasi kedua kembali unggul disini.

Perangkat Lunak

Apple iPad Mini bisa dipastikan akan mengusung sistem operasi terbaru Apple, yakni iOS 6. Sedangkan Google Nexus 7 mengusung sistem operasi Android 4.3 Jelly Bean. Tak ada yang lebih unggul disini, semua tergantung kebutuhan. Jika menginginkan eksklusifitas tinggi, iOS 6 adalah jawabannya.

Kamera dan Konektifitas

Apple iPad Mini dibekali kamera belakang dengan resolusi 5 megapiksel dan kamera depan dengan resolusi 1,2 megapiksel. Sementara untuk konektifitas, iPad Mini mengandalkan WiFi dan Lightning konektor yang hanya kompatibel dengan perangkat Apple lain.

Nexus 7 generasi kedua ini dibekali dengan kamera belakang dengan resolusi 5 megapiksel dan kamera depan dengan resolusi 1,3 megapiksel. Tablet Nexus 7 generasi kedua ini didukung oleh NFC, WiFi, Bluetooth, dan dukungan QI wireless charging.

Desain

Apple iPad Mini mengusung desain khas Apple yang elegan serta mengusung desain yang lebih tipis dan ringan, serta menggunakan casing dari aluminium. Sementara Nexus 7 juga mengusung desain yang elegan dan lebih tipis ketimbang Nexus generasi pertama. Masalah desain sebenarnya cukup subyektif, tapi secara umum iPad Mini bisa dikatakan unggul.

Harga

iPad Mini varian paling murah dibandrol dengan harga USD $329 dengan kemampuan WiFi only dan ruang penyimpanan 16GB.

Harga Nexus 7 generasi kedua varian 16GB akan dijual dengan harga US $229 atau sekitar Rp 2,3 jutaan, Nexus 7 generasi kedua varian 32GB dijual dengan harga $269 atau sekitar Rp 2,7 jutaan, dan Nexus 7 generasi kedua varian 64GB LTE akan dijual dengan harga $349 atau sekitar Rp 3,4 jutaan.

Kesimpulan

Kedua tablet ini mengusung platform yang berbeda (Apple iOS dan Android), Anda dapat memilih sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda menginginkan tablet berkinerja tinggi dengan harga murah, Nexus 7 generasi kedua adalah jawaban yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda