Scroll to Top

Toyota Segera Operasikan Pabrik Baru di Indonesia

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 27 Jul 2013

toyota

Pabrik baru Toyota yang akan berdiri direncanakan segera mengawali proses produksi pada semester awal tahun 2016. Pabrik ini lokasinya tidak jauh dari pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang ada di Karawang. Pada November tahun 2012 lalu, Toyota sudah merilis siaran pers terkait pembangunan pabrik dengan membeli lahan seluas 150 hektar. Demikian informasi yang dikutip Antara.

Pabrik TMMIN baru tersebut dikhususkan untuk menufakturing mesin kendaraan. Dalam debutnya nanti, mesin yang akan dibuat adalah mesin-mesin kendaraan selain jenis International Innovative Multi-Purpose Vehicle (IMV). Hasil mesin yang diproduksi pabrik ini rencananya tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri saja. Separuhnya akan menjadi stok untuk diekspor di pasar dunia.

Nilai investasi pabrik ini diperkirakan mencapai Rp 2,3 triliun. Dan, dalam satu tahunnya diharapkan mampu memproduksi kurang lebih 216 ribu unit mesin. Untuk memperlancar rencana tersebut, TMMIN segera merekrut tambahan tenaga kerja sebanyak 200 orang.

Pada pabrik TMMIN yang lama, saat ini menjadi andalan untuk memproduksi mesin IMV. Lokasinya ada di Pabrik Sunter 1 (Jakarta Utara) dan mampu menghasilkan mesin sebanyak 195 ribu unit setiap tahunnya. Pabrik ini menyuplai kebutuhan mesin IMV untuk pasar dalam negeri, ASEAN, Afrika, dan Amerika Latin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda