Scroll to Top

10 Kebiasaan Buruk yang Baik untuk Kesehatan

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 27 Jul 2013

gigit kuku

Dalam kehidupan, Anda akan diajarkan untuk memahami berbagai aktivitas yang dianggap baik dan buruk. Namun tahukah Anda? Dalam beberapa bentuk aktivitas yag dipandang buruk ternyata ada yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Dikutip Boldsky, berikut ulasannya:

  1. Menggigit kuku. Aktivitas ini kerap dikaitkan dengan kebiasaan buruk yang tidak sehat. Padahal, masuknya kuman yang ikut masuk saat menggigit kuku, sebenarnya akan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh. Tubuh mejadi lebih kebal dengan beragam jenis bakteri.
  2. Buang angin atau kentut. Meski dianggap kurang sopan jika dilakukan di depan umum, melepaskan gas perut ini dapat meredakan kembung dan nyeri di perut. Usus justru menjadi lebih sensitif kalau gas tidak segera dibuang.
  3. “Mematah-matahkan” buku jari tangan atau kaki. Kadang saat jari terasa kaku akan berubah menjadi nyaman kembali setelah “dipatah-patahkan”. Sebenarnya kebiasaan ini cukup baik sebagai pelentur sendi di jari. Anggapan bahwa hal tersebut akan melemahkan sendi, itu tidak benar.
  4. Meludah. Meludah bukanlah aktivitas yang buruk. Meludah dapat membantu proses bernafas menjadi lebih lega. Apalagi sewaktu olahraga, mulut dan tenggorokan memproduksi air liur berlebih yang bisa mengganggu proses bernafas. Meludah dapat menjadi solusi terhadap hal demikian.
  5. Gelisah. Orang yang sedang gelisah sebenarnya sedang melatih otaknya. Selama solusi belum ditemukan, otak akan diajak selalu aktif untuk bekerja.
  6. Tidur lama. Mungkin tabu saat melihat seseorang yang sesekali melakukan tidur lebih lama. Namun, sesekali melakukan tidur lebih lama bisa meningkatkan memori jangka panjang.
  7. Sarapan di tempat tidur. Kata sebagian orang, pamali makan di tempat tidur. Namun posisi makan di tempat tidur, yaitu badan tegak lurus dengan bantal, sebenarnya baik untuk mencegah gangguan pencernaan.
  8. Melewatkan waktu untuk berolahraga. Melewatkan satu hari dari jadwal rutin berolahraga mungkin menjadi sesuatu yang baik. Pasalnya, hal tersebut akan memberikan waktu bagi otot untuk memulihkan diri dan dapat aktif kembali pada sesi olahraga berikutnya.
  9. Bersendawa. Jika Anda tidak bersendawa ketika diperlukan, justru akan berbahaya. Sebab, Anda bisa mulas dan memicu terjadinya nyeri dada. Jangan ragu untuk bersendawa.
  10. Mengunyah permen karet. Gerakan rahang dan gigi selama mengunyah permen karet bagus untuk meningkatkan kemampuan otak dan menekan keinginan untuk makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda