Scroll to Top

Perpustakaan di Boks Telepon Umum Khas Inggris

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 27 Jul 2013

perpus

Era kejayaan telepon umum memang telah selesai. Keberadaan ponsel telah mengubah wajah telekomunikasi secara global. Orang kini lebih memilih membeli layanan telekomunikasi melalui operator selular dibanding memakai telepon umum koin. Walhasil banyak boks telepon umum yang akhirnya mangkrak.

Di Inggris, boks telepon umum biasanya berakhir di pembuangan sampah atau didaur ulang. Namun berbeda dengan yang dilakukan oleh British Telecom (BT) dan sebagian masyarakat di sana. Ada sebagian boks telepon umum yang disulap menjadi sebuah perpustakaan mini. Dan, untuk menuju bentuk baru perpustakaan itu, masyarakat melakukan lobi ke BT.

Sebagai informasi, pada tahun 2002 lalu, jumlah telepon umum di Inggris sebanyak 92 ribu unit. Angka tersebut lalu berkurang menjadi 51.500 unit. Dan, jumlah tersebut makin menyusut hingga sekarang. Dilihat dari fisiknya, telepon umum di Inggris terbilang unik yaitu sebuah boks dengan bentuk kotak berkaca dan berwarna merah.

perpus

Pada 2009 lalu, BT mengeluarkan program “mengadopsi kios” . Daripada semua boks telepon dihancurkan, masyarakat lokal diperbolehkan untuk memilikinya. Sejak saat itulah sudah lebih dari 1.500 boks telepon umum diadopsi dan diubah menjadi berbagai fungsi. Ada yang membuatnya menjadi galeri seni, kamar teh, dan toko bunga. Termasuk di antaranya adalah perpustakaan.

Terkait perpustakaan dalam boks telepon ini, semua orang diperbolehkan untuk datang dan memanfaatkannya. Di dalamnya tidak hanya tersedia buku. Ada pula majalah, kaset, DVD, dan sebagainya. Namun jika ingin meminjam, peminjam wajib memberikan item miliknya sehingga stok barang di perpustakaan mini itu tetap penuh. Semua isi dalam boks perpustakaan merupakan sumbangan dari warga.

Kini boks telepon umum di Inggris seperti punya ruh baru. Boks ini telah menjadi salah satu simbol ciri khas negara ini sejak tahun 1920. Dan, boks telepon tersebut telah mendapatkan inovasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda