Scroll to Top

5 Alasan Makan Perlahan Itu Baik

By C Novita / Published on Sunday, 28 Jul 2013

makan perlahan

Anda punya kebiasaan makan cepat? Ada baiknya Anda ubah kebiasaan tersebut. Makan perlahan ternyata baik dan membawa efek yang menguntungkan bagi Anda. Dilansir oleh Magforwomen, berikut ini alasan mengapa makan perlahan itu baik:

  • Menurunkan berat badan

Otak butuh waktu 20 menit untuk mendapatkan sinyal bahwa perut Anda penuh dan kenyang. Bila Anda makan dengan perlahan, maka jumlah kalori yang masuk ke dalam perut menjadi lebih sedikit. Otak akan menerima sinyal kenyang dan membuat Anda berhenti makan sebelum semua kalori di piring Anda masuk ke perut.

  • Menikmati makanan

Makan perlahan akan membuat Anda bisa menikmati makanan lezat di piring lebih lama. Ini akan meningkatkan kepuasan dan kesenangan, sebab makanan termasuk rejeki hasil kerja keras yang harus dinikmati. Bukan sekedar memenuhi perut saja.

  • Manfaat pencernaan

Makan perlahan berarti Anda mengunyahnya perlahan. Ini sangat menguntungkan bagi pencernaan, sebab proses mengunyah di mulut membantu tugas lambung dan usus. Sari makanan akan lebih mudah diserap oleh tubuh bila pencernaan berjalan baik.

  • Gaya hidup

Makan cepat sebenarnya mencerminkan Anda yang kerap terburu-buru dalam mengerjakan pekerjaan lain. Tingkat stres Anda juga cenderung tinggi. Dengan mengubah cara makan menjadi perlahan, Anda akan dapat mengubah gaya hidup secara keseluruhan, termasuk menurunkan tingkat stres Anda.

  • Melatih fokus

Makan perlahan membuat perhatian dan fokus Anda pada cita rasa, jenis bahan, dan nilai gizi makanan menjadi meningkat. Ini menguntungkan sebab Anda akan lebih fokus dalam memilih makanan yang baik untuk masuk ke mulut, dan menjauhkan makanan buruk pada makanan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda