Scroll to Top

Zakat Fitrah: 8 Golongan Yang Berhak Mendapatkannya

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 28 Jul 2013

Zakat Fitrah 8 Golongan Yang Berhak Mendapatkannya

Zakat fitrah adalah zakat yang harus dibayarkan seorang muslim sebelum ibadah salat Ied di Hari Raya Idul Fitri (1 Syawal). Namun, tidak semua orang berhak mendapatkan zakat ini. Di dalam Alquran sudah tercantum delapan golongan yang dikhususkan untuk memperoleh zakat fitrah. Siapa sajakah mereka?

Penjelasan tentang siapa-siapa saja yang berhak memperoleh zakat fitrah, tercantum dalam Q.S.-Taubah:60, yang berbunyi, “Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, miskin, amil, muallaf, riqob, ghorim, fi sabilillah, dan ibnu sabil, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.”

Delapan golongan tersebut, jika diperinci adalah sebagai berikut.

  1. Fakir, yaitu orang yang amat sengsara hidupnya, tidak mempunyai harta dan tenaga untuk memenuhi penghidupannya. Atau, orang yang tidak memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap, dan tidak memiliki sesuatu pun untuk menghidupi dirinya maupun keluarga.
  2. Miskin, orang yang tidak cukup penghidupannya dan dalam keadaan kekurangan. Perbedaannya dengan fakir, orang miskin memiliki pekerjaan dan penghasilan, namun tetap tidak mampu digunakan untuk mencukupi kebutuhan keluarganya.
  3. Amil (Pengurus zakat), adalah orang yang diberi tugas dan wewenang untuk mengumpulkan dan membagikan zakat dalam lingkup tertentu.
  4. Muallaf, yaitu orang yang baru masuk Islam yang imannya masih lemah, dan membutuhkan bimbingan untuk lebih dalam mempelajari agama.
  5. Zakat fitrah juga berfungsi untuk memerdekakan budak, termasuk sebagai tebusan untuk melepaskan muslim yang ditawan oleh orang-orang kafir.
  6. Orang berutang (Ghorim), yaitu, orang yang berutang karena untuk kepentingan yang bukan maksiat dan tidak sanggup membayarnya. Atau, orang yang berutang demi kepentingan umat Islam.
  7. Zakat fitrah juga digunakan pada jalan Allah (sabilillah),yaitu untuk keperluan pertahanan Islam dan kaum muslimin. Dengan demikian, orang-orang yang berperang di jalan Allah berhak mendapatkan zakat fitrah.
  8. Ibnu Sabil, yaitu orang yang sedang dalam perjalanan (bukan perjalanan menuju atau bertujuan maksiat) kemudian mengalami kesengsaraan dalam perjalanannya. Dalam hal ini fungsi zakat fitrah adalah mengurangi bebannya.

Delapan golongan di atas, adalah mereka atau hal-hal yang memungkinkan terlaksananya fungsi sosial zakat fitrah, yaitu memberikan kemudahan bagi orang-orang yang membutuhkan.

Foto: ar-rahmahwelfare.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda