Scroll to Top

Timnas Indonesia Kalah Terus, RD: Pasti Ada Manfaatnya!

By Aditya / Published on Sunday, 28 Jul 2013

timnas indonesia rahmad darmawan

Timnas Indonesia terus menuai kekalahan dalam sejumlah laga terakhir, termasuk saat dibantai Chelsea dengan skor telak 1-8 di Jakarta beberapa waktu silam. Namun, hal itu tidak membuat pelatih Rahmad Darmawan (RD) putus asa. Pelatih Timnas Indonesia U-23 yang menukangi Indonesia All Stars saat menjamu Chelsea itu tetap yakin bahwa ada manfaat di balik kekalahan Timnas Indonesia dari tim-tim besar selama ini.

Menurut RD, kekalahan besar melawan The Blues tidak perlu terlalu disesali. Para pemain asuhannya memang sebagian besar masih kurang pengalaman, apalagi menghadapi tim sebesar dan semapan Chelsea.

“Memang butuh proses karena sebagian besar pemain masih berusia muda. Butuh waktu dan pengalaman bertanding lebih banyak agar terbentuk rasa saling mengerti,” ujar Rahmad Darmawan di Jakarta belum lama ini.

Indonesia All Stars yang menghadapi Chelsea kemarin memang merupakan tim gabungan antara Timnas Indonesia U-23 dan beberapa punggawa Timnas Indonesia senior.

Tercatat, banyak pemain muda yang memperkuat tim asuhan RD itu, seperti Andik Vermansyah, Syamsir Alam, Kurnia Meiga, Hendra Bayauw, Aji Saka, Agung Supriyanto, Egi Melgiansyah, dan lain-lain.

RD menilai, hasil dari laga melawan tim-tim besar itu akan dirasakan saat Timnas Indonesia senior atau Timnas Indonesia U-23 menghadapi tim yang kekuatannya setara. RD sendiri saat ini sedang fokus menangani tim Garuda Muda untuk diterjunkan di SEA Games 2013 di Myanmar akhir tahun nanti.

“Memang, hasilnya tidak bisa dirasakan sekarang. Manfaatnya bisa dirasakan saat nanti timnas melawan tim yang levelnya berada di bawah klub besar itu,” tandas Rahmad Darmawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda