Scroll to Top

Nexus 7 Generasi Kedua Dibongkar, Mudah Diperbaiki Jika Rusak

By Ditya / Published on Sunday, 28 Jul 2013
Nexus 7 Generasi Kedua
Nexus 7 Generasi Kedua

Setelah beberapa waktu lalu diluncurkan, tablet Nexus 7 generasi kedua ini akhirnya dibongkar oleh situs spesialis pembongkar gadget, iFixit. Situs iFixit menilai bahwa tablet Nexus 7 generasi kedua ini cukup mudah dibongkar dan cukup mudah diperbaiki jika rusak.

Berbeda dengan jajaran produk Apple, seperti iPad Mini dan iPad 4 yang cukup sulit dibongkar dan mendapat skor yang rendah untuk repairability dari iFixit, Nexus 7 generasi kedua ini mampu membukukan skor 7 dari 10 poin untuk repairability. Semakin tinggi skor yang dihasilkan, semakin mudah sebuah gadget dibongkar dan diperbaiki.

“Casing belakang sangat mudah untuk dibuka, dan membutuhkan sedikit usaha mencongkel dengan alat pembuka plastik untuk membukanya. Tapi kita membuatnya retak, meskipun kami sangat berhati-hati selama prosedur pembukaan,” kata iFixit.

Nexus 7 Bongkar

iFixit mengatakan bahwa sekrup yang digunakan pada tablet Nexus 7 generasi kedua ini adalah yang banyak digunakan perangkat lain, dan tak ada sekrup eksklusif pada tablet ini. Tak hanya itu, iFixit menemukan kumparan pengisian induktif untuk pengisian nirkabel dan hal ini adalah pertama kali diterapkan pada tablet. Sebelumnya Google memang telah mengungkapkan bahwa tablet ini memang mendukung wireless charging.

Pada bagian mainboard terdapat chipset Qualcomm Snapdragon S4 Pro APQ8064 yang mengusung quad-core Krait 300 dengan kecepatan 1,5GHz. Menurut informasi dari Anandtech, chipset Snapdragon S4 Pro yang digunakan oleh tablet Nexus 7 ini agak berbeda, karena menggunakan prosesor Krait 300 yang biasanya terdapat pada Snapdragon 600.

Komponen Nexus 7

Seperti yang dilansir dari CNET (27/07/2013), tablet Nexus 7 generasi kedua ini menggunakan chip memori RAM 2GB buatan Elpida, chip Inductive Charging Controller dari Texas Instruments, serta memori NAND eMMC berkapastias 16GB buatan Hynix.

Secara umum, iFixit menilai bahwa Nexus 7 generasi kedua mengalami perubahan besar dari desain luar maupun desain perangkat keras di dalamnya. Nexus 7 generasi kedua datang dengan bodi yang lebih tipis, ringan, dan bezel yang tipis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda