Scroll to Top

6 Hal yang Bisa Memicu Anda Mengalami Kegemukan

By C Novita / Published on Sunday, 28 Jul 2013

pemicu kegemukan

Masalah kelebihan berat badan ternyata tak selalu berhubungan dengan kurangnya olahraga dan makan berlebih. Ada beberapa hal lain yang juga dapat mengakibatkan Anda mengalami kelebihan berat badan.

Apa saja hal yang dapat membuat Anda gemuk tersebut? Berikut seperti dilansir oleh Magforwomen:

  • Stres

Ya, stres bisa menjadi faktor yang memicu kegemukan. Mengapa? Sebab tubuh manusia yang berada di bawah pengaruh stres kronis memicu hormon tertentu yang membantu dalam akumulasi lemak perut.

  • Kurang tidur

Menurut sebuah studi, kurang tidur mempengaruhi kesehatan kita dengan mengganggu proses metabolisme. Saat Anda kurang tidur pun rasa lapar akan makin menjadi dan membuat Anda lebih sering makan.

  • Obat-obatan

Beberapa jenis obat yang mengobati depresi, kejang, gangguan mood, migrain, diabetes dan tekanan darah bisa memicu kenaikan berat badan. Juga steroid dan pil kontrasepsi oral ada yang berefek menambah berat badan secara signifikan.

  • Penyakit tertentu

Penyakit atau kondisi medis tertentu seperti hipotiroidisme dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang cepat. Gemuk yang disebabkan oleh penyakit biasanya berciri seperti bengkak, gampang lelah, sakit kepala dan suara serak.

  • Menopause

Wanita yang mengalami menopause biasanya juga mengalami kenaikan berat badan. Ini sebab perubahan hormonal yang terjadi memicu depresi, kurang tidur, dan seringnya merasa lapar.

  • Fast food

Jenis makanan ini memiliki kandungan kalori tinggi, lemak, dan sodium yang berkontribusi besar pada penambahan berat badan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda