Scroll to Top

Suzuki Siapkan 100 Miliar Yen untuk Pabrik Baru di Indonesia

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 28 Jul 2013

perakitan mobil

Suzuki segera menginvestasikan duitnya untuk membuat pabrik di Indonesia.  Nilai yang akan akan digelontorkan tidak tanggung-tanggung, mencapai 100 miliar yen Jepang. Demikian informasi yang muncul di harian Nikkei seperti dikutip Antara dari AFP.

Pabrik ini rencana segera beroperasi mulai tahun depan. Rencananya akan ada dua jenis pabrik yang akan dibuat. Pertama adalah pabrik perakitan  dengan anggaran sekitar 60 miliar yen Jepang. Kedua, pabrik yang memproduksi mesin dengan anggaran hingga 40 miliar yen Jepang. Pabrik ini penempatannya tidak terlalu jauh dari Jakarta.

Fokus pabrik ini pada kendaraan roda empat. Suzuki memiliki impian membuat sistem yang lebih komprehensif dalam menghasilkan produk kendaraan penumpang. Sistem ini tertuju pada produksi mesin yang memiliki berat lebih ringan dan sekaligus efisien dalam pemakaian bahan bakar. Dan, sistem akan menuju hingga perakitan final.

Meski kabar ini telah diungkap harian Nikkei, namun Suzuki belum memberikan komentar apapun. Bocoran lainnya, pabrik baru ini nantinya mampu meningkatkan kapasitas produksi kendaraan Suzuki. Saat ini kemampuan produksi pabrik Suzuki 150 kendaraan setiap tahun. Kehadiran pabrik baru kemungkinan dapat mengangkat produksi sampai 200 ribu kendaraan setiap tahun.

Asia Tenggara adalah salah satu pasar potensial bagi Suzuki. Selama tahun fiskal sampai Maret 2013, Suzuki telah memproduksi 2,88 juta kendaraan. Separuhnya dipasarkan untuk konsumen Asia Tenggara. Kawasan ini memiliki SDM yang murah dan memiliki kelas menengah yang menunjukkan tren selalu berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda