Scroll to Top

Begini Cara Membersihkan Lumpur Sungai Kuning China

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 28 Jul 2013

xiaolangdi-dam

Mengamati foto dalam tulisan ini sekilas sedang terjadi sebuah bencana banjir bah besar di sebuah tempat. Namun jangan salah, ini adalah foto dari pembersihan lumpur sungai yang banyak mengendap di dasar bendungan. Lumpur ini sangat mengganggu aliran air sungai dan jika dibiarkan dapat mengakibatkan banjir yang sebenarnya.

Lokasinya ada di bendungan Xiolangdi yang merupakan bendungan dari Sungai Kuning di China. Secara administratif  letaknya ada si Jiyuan, Provinsi Henan, China Tengah. Pembersihan lumpur dilakukan awal Juli ini. Dan, pembersihan bendungan menjadi agenda tahunan pemerintah setempat.

xiaolangdi-dam

Dalam sekali pembersihan ada sekitar 30 juta ton lumpur yang akan mengalir. Jika ditotal selama 13 tahun terakhir, sudah terdapat 390 ton lumpur yang dipindahkan. Proses ini terbilang langka. Oleh karena itu, saat dilakukan pembersihan bendungan biasanya mengundang minat wisatawan.  Mereka bisa melihat prosesnya di area yang aman pada bendungan.

Bendungan Xiolangdi salah satunya berfungsi sebagai pusat pembangkit listrik tenaga air. Ada enam turbin yang dipasang dengan kekutan 306 MW. Dalam setiap tahun, jumlah tenaga listrik yang dihasilkan mencapai 5,1 TWh.

Dalam sekali pembersihan lumpur, sedimentasi dapat diturunkan sekitar 2,03 meter setiap tahunnya. Bendungan ini memilki tinggi 154 meter dan lebar 1.317 meter. Pembuatan bendungan menghabiskan biaya 3,5 miliar dolar AS.

xiaolangdi-dam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda