Scroll to Top

Menengok Kisah Kehidupan Para Ikan

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 28 Jul 2013

ikan

Kalau ikan sudah ada di tangan ibu rumah tangga, mungkin sudah langsung diubah menjadi berbagai masakan lezat. Tapi, ceritanya beda di tangan Anne Catherine Becker Echivard. Dia menyisakan kepala ikan yang dibelinya untuk dibuat sebuah karya fotografi unik bertema kehidupan para ikan. Penasaran?

Bagi Anne, ikan adalah sumber inspirasi bagi karya seninya. Badan ikan langsung diolahnya menjadi masakan dan dikonsumsi. Sementara beberapa kepala ikan dikumpulkan, didandani, dan dijadikan sebuah sketsa cerita yang menampakkan para ikan seolah hidup dan bercekap-cakap dengan sesamanya.

ikan

Ada beberapa sketsa cerita para ikan yang telah dituangkannya pada karya fotografi. Beberapa di antaranya adalah para ikan yang sedang berada di dapur dan menjadi koki restoran. Ada pula sketsa yang menceritakan para ikan sedang melakukan demonstrasi. Pastinya, melihat karya Anne ini membuat decak kagum dan cukup menggelitik.

Anne sudah sejak 1997 menciptakan karya seni unik. Dia suka dengan hobi yang aneh sejak kecil , misalnya memelihara tikus dan mengenakan pada hewan tersebut pakaian boneka. Dia menjadi senang dunia ikan setelah pernah magang untuk memancing bersama nelayan Normandia. Sejak itu, dia terinspirasi membuat boneka dari ikan.

ikan

Begitu pula dalam karyanya ini. Anne mendandani kepala ikan dengan tubuh seperti halnya manusia berdiri tegak. Mulut ikan disesuaikan untuk mendapatkan kesan ekspresi yang diharapkan. Penambahan properti membuat kisah dalam sketsa makin hidup.

Untuk membuat karya ini tidak mudah. Untuk sekali pemotretan memerlukan waktu sekitar tiga bulan persiapan. Pasalnya, Anne juga harus mempersiapkan alat peraga dan set yang rumit dalam studionya di Berlin, Jerman. Saat semua sudah siap, Anne membeli ikan segar dan memasangkan kepala ikan pada set boneka.

ikan

ikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda