Scroll to Top

Demam Berdarah, Makan Saja Makanan Ini

By C Novita / Published on Monday, 29 Jul 2013

jus semangka

Demam berdarah merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Gejalanya adalah panas dan demam yang terjadi dalam waktu lebih dari 3 hari, serta penderita biasanya mengalami sakit atau nyeri pada tulang.

Untuk melawan virus DBD yang menginfeksi tubuh, maka daya tahan tubuh harus terus ditingkatkan. Caranya adalah mengonsumsi jenis makanan tertentu yang banyak mengandung vitamin dan nutrisi. Apa saja? Ini dia seperti dilansir oleh Boldsky:

  • Jeruk. Ini adalah salah satu buah terbaik bagi penderita DBD. Jeruk manis atau jeruk nipis, juga lemon, sangat baik diolah menjadi jus sebab kaya vitamin C yang membantu pemulihan antibodi.
  • Daun pepaya. Dokter di India kerap memberikan 2 sendok jus daun pepaya muda saat pagi dan malam untuk pasien DBD. Ini adalah obat yang manjur bagi pengobatan penyakit tersebut.
  • Bubur. Ingat untuk selalu memberi bubur dan makanan yang lembut bagi penderita DBD. Bubur mudah ditelan serta dicerna serta memiliki banyak cairan.
  • Air jahe. Pada dasarnya pasien DBD butuh banyak cairan. Berikan air jahe hangat sebagai penguat tubuh dan mengurangi efek mual yang sering mereka alami.
  • Air kelapa muda. Kandungan elektrolit dan mineral yang ada dalam air kelapa muda baik bagi penggantian ion tubuh pasien demam berdarah.
  • Jus sayur. Jus wortel, mentimun, serta sayur hijau daun lainnya baik untuk menyediakan nutrisi dasar yang dibutuhkan tubuh manusia.
  • Jus buah. Jus buah seperti semangka, jambu biji, kiwi, pepaya, dan buah yang kaya vitamin C lainnya adalah keharusan bagi pasien DBD. Ini membantu produksi limfosit dan menguatkan sistem imun tubuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda