Scroll to Top

Timnas Indonesia Melawan Filipina, Penonton Tak Boleh Nyalakan Kembang Api

By Agus Prasetyo / Published on Monday, 29 Jul 2013

timnas indonesia filipina m. ridwan

Timnas Indonesia rencananya akan menjamu Filipina di Stadion Manahan Solo 14 Agustus 2013 mendatang. Panpel pertandingan Solo pun akan memperketat sistem pengamanan bagi para suporter yang ingin menyimak pertandingan itu di stadion.

Dengan bantuan TNI/Polri, panpel pertandingan rencananya melarang penonton membawa masuk kembang api ke dalam stadion.

Ketika dimintai konfirmasinya Koordinator Panpel Pertandingan Solo, Paulus Haryoto membenarkan hal tersebut.

Dirinya mengatakan pertandingan uji coba nanti termasuk kalender FIFA. Karena hasil pertandingan akan berpengaruh pada peringkat masing-masing tim di rangking FIFA, maka suporter Indonesia harus bersikap sportif.

“Kembang api dan benda-benda lain yang membahayakan tak diperkenankan dibawa masuk ke stadion. Nanti kami menyiapkan petugas khusus di setiap pintu masuk”

“Tujuannya untuk merazia penonton yang membawa kembang api atau benda lain yang dianggap membahayakan. Kalau ada yang terjaring, benda yang dianggap berbahaya itu akan disita petugas” ungkap Paulus Haryoto, seperti yang dilansir Solopos.

Langkah tegas yang dilakukan Panpel memang beralasan. Pasalnya saat Stadion Manahan dijadikan tempat pertandingan Timnas Indonesia U-23 melawan Timnas Singapura U-23, suporter Indonesia menyalakan kembang api dan bom asap yang mengganggu jarak pandang pemain.

Beruntung hal tersebut tak berdampak fatal bagi Indonesia, yakni berupa pemberian sanksi dari FIFA. Penyebabnya karena uji coba tersebut tak masuk dalam daftar kalender FIFA.

“Kalau sudah mendekati waktunya nanti, kami akan sosialisasikan larangan membawa kembang api ke teman-teman suporter, terutama Pasoepati” pungkas Paulus Haryoto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda