Scroll to Top

PSSI Beri Sanksi, Persema Melunak!

By Agus Prasetyo / Published on Monday, 29 Jul 2013

Persema Malang

Sanksi yang dijatuhkan PSSI kepada Persema, akhirnya diterima oleh manajemen. Alhasil kini Persema tak lagi ngotot meminta diperbolehkan bermain pada kompetisi kasta tertinggi, Indonesian Super League (ISL) musim kompetisi mendatang.

Namun demikian, Persema masih menolak turun ke liga amatir dan hanya bersedia bermain di kompetisi Divisi Utama.

Ketika dimintai konfirmasinya, Dito Arief pejabat sementara Chief Executive Officer (CEO) PT Singosari Sakti Indonesia membenarkan hal tersebut.

Dito mengatakan sikap lunak manajemen merupakan respon terhadap saran dan kritik pecinta sepak bola di Malang Raya yang meminta Persema berbesar hati menerima sanksi yang diberikan PSSI.

“Banyak faktor yang melandasi saran dan kritik mereka, tapi itu baik bagi kami” ungkap Dito, Kamis 25 Juli 2013.

Menurut Dito tim berjuluk Bledheg Biru itu harus bersikap realistis. Keuangan Persema sekarang defisit sehingga kesulitan menggaji pemain dan pelatih.

Dampaknya seluruh pemain asing dilepas, sejumlah pemain senior hengkang, hingga menyisakan dua pemain senior (Muhammad Kamri dan Irfan Raditya) dan selebihnya pemain muda.

Kondisi buruk yang dialami Persema merupakan buntut konflik dualisme PSSI. Bersama Persebaya 1927, Persibo Bojonegoro, dan PSM Makassar, Persema hijrah dari kompetisi ISL ke LPI.

Dampaknya dalam kongres di Bali pada 2011, PSSI era Nurdin Halid menjatuhkan sanksi turun kasta ke Divisi Tiga untuk Persema, Persebaya, dan Persibo.

Sanksi ini belum dicabut hingga Kongres Luar Biasa PSSI di Jakarta 17 Maret 2013 lalu. Nasib ketiga tim pun tak dibahas dalam Rapat Tahunan PSSI di Surabaya pada 17 Juni 2013.

Sementara itu Sekretaris Pengurus Cabang (Pengcab) PSSI Kota Malang, Haris Tofly mendukung sikap dan keinginan manajemen Persema.

“Kalau masalah Persema dikembalikan ke Pengcab dan Persema mau, kami siap menerimanya” kata Haris.

Haris mengatakan bahwa pengurus PSSI Kota Malang sudah bertemu dengan pengurus PSSI pusat, yang dipimpin Wakil Ketua Umum PSSI La Nyalla Mahmud Matalitti.

La Nyalla menyarankan Persema kembali berkiprah dari Divisi Tiga atau liga amatir dengan alasan Persema masih menanggung salah dan dosa karena membangkang.

“Pak Nyalla bilang bila Persema mau ke liga amatir, maka Pengcab boleh mengelolanya” tambah Haris seperti yang dilansir Tempo.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda