Scroll to Top

Windows NT Kini Berusia 20 Tahun, Leluhur Sistem Operasi Microsoft Windows Modern

By Ditya / Published on Monday, 29 Jul 2013
Windows NT
Windows NT

Microsoft telah merayakan ulang tahun sistem operasi Windows NT yang kini telah berusia 20 tahun pada 27 Juli 2013 lalu. Seperti yang kita ketahui, Windows NT adaah basis pengembangan atau leluhur dari sistem operasi Windows modern besutan Microsoft saat ini. 

Microsoft telah memulai pengembangan sistem operasi bersama dengan IBM dengan proyek sistem operasi IBM OS/2, tetapi Microsoft mengakhiri kerjasama tersebut sebelum proyek tersebut selesai. Akhirnya, Microsoft mengembangkan sendiri sistem operasi yang benar-benar baru yang dinamai Windows NT 3.1.

Awalnya, sistem operasi Windows NT ini adalah sistemoperasi yang dirancang khusus untuk digunakan sebagai workstation atau server dengan dukungan pelbagai platform. Namun, Microsoft akhirnya memutuskan untuk mendukung platform Intel x86, IA64, dan AMD 64 saja.

Seiring berjalannya waktu, Microsoft menggunakan Windows NT sebagai basis pengembangan dari sistemoperasi Windows modern, sebut saja Windows 2000 (NT 5.0), Windows XP (NT 5.1), Windows Vista (NT 6.0), Windows 7 (NT 6.1), dan terakhir adalah Windows 8 (NT 6.2). Windows NT ini dipilih karena jauh lebih stabil daripada sistem operasi Windows yang berbasis DOS, sebut saja Windows 95, Windows 98, dan Windows ME.

“27 Juli 2013 akan menjadi ulang tahun ke-20 dari Windows NT. Hampir bisa minum secara legal! Hanya memikirkan 20 tahun membuat Greybeards seperti Doug ‘Bad Cop’ Symalla meludahkan kopi paginya. Jika Anda kebetulan bertemu Doug memiliki dia memberitahu Anda beberapa cerita dari ‘masa lalu’. Mereka menghibur,” tulis eksekutif Microsoft di sebuah posting blog.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (27/07/2013), tanpa hadiranya Windows NT ini, mungkin kita tak akan bertemu dengan Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8 saat ini atau masih terjebak dengan sistem operasi Windows berbasis DOS seperti Windows 98 atau Windows ME.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda