Scroll to Top

Google Bakal Ubah Ponsel Jadi Alat Penerjemah Universal

By Ibnu Azis / Published on Monday, 29 Jul 2013

Hugo Barra

Bahasa adalah pemersatu umat. Namun bahasa pula yang kadang buat komunikasi terkendala. Hugo Barra, Wakil Presiden Divisi Android Google membayangkan suatu saat manusia pergi ke seluruh penjuru dunia tak perlu risau soal bahasa. Sebab, ada Google solusinya–mengubah ponsel jadi alat penerjemah universal.

Memang kedengarannya sangat muluk-muluk. Namun apa yang sedang disiapkan Google ini sejatinya cikal bakal dari Google+ Hangouts yang telah dirilis. Lantas, bagaimana konsep alat penerjemah ini bekerja?

Secara sederhana, tatkala pengguna berbicara dengan orang asing di luar bahasa yang ia kuasai, pengguna tinggal berbicara di ponsel. Sejurus kemudian ponsel itu akan mengeluarkan bunyi dalam bahasa orang asing tersebut.

Dikutip dari CNET News, Hugo Barra mengatakan jika ujicoba  yang ada saat gunakan Bahasa Portugis hasilkan terjemahan yang nyaris sempurna. Namun tetap ada kendala yang menciderai kemampuan alat terjemahan universal ini.

Kendala tersebut adalah kebisingan. Kondisi ini berikan efek dua hal; pengaruhi hasil terjemahan yang buruk dan mengganggu proses dialog. Solusinya hanya satu, penggunaannya harus di tempat yang tenang.

Lantas apakah alat terjemahan ini bakal segera dirilis Google? Jangan senang dulu. Google baru saja membuka gerbang. Dengan kata lain, proyek tersebut masih dalam tahap awal. Jika teknologinya memungkinkan mungkin saja akan segera dirilis ke publik dalam beberapa tahun ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda