Scroll to Top

Saat Menstruasi, Wanita Sebaiknya Hindari Makanan Ini

By C Novita / Published on Monday, 29 Jul 2013

menstruasi

Pada saat menstruasi, wanita biasanya mengalami perubahan mood atau mood swing yang disebabkan oleh perubahan hormon, serta stres. Mereka cenderung lebih banyak makan di saat tersebut, tanpa mempedulikan apa kandungan dari hidangan yang mereka santap.

Padahal, jika jenis makanan yang mereka santap salah, kondisi stres dan mood swing itu bisa makin parah. Nah, untuk itu ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat wanita sedang mengalami menstruasi:

  • Gorengan. Gorengan mengandung banyak minyak yang dapat meningkatkan kadar estrogen. Kadar estrogen yang berlebihan bisa menyebabkan kram di rahim dan rasa nyeri saat menstruasi.
  • Makanan olahan. Makanan olahan dalam kaleng sebaiknya dihindari selama periode menstruasi. Ini disebabkan kadar sodium dan natrium yang tinggi dalam jenis makanan tersebut. Zat ini menyebabkan retensi air dan membuat tubuh terkesan membengkak.
  • Pasta, nasi putih dan roti putih. Ini adalah jenis makanan tinggi kalori yang dapat meningkatkan kadar gula darah dalam sekejab, serta memicu gejala kram menstruasi.
  • Daging olahan. Daging olahan dan daging panggang memiliki kandungan lemak trans yang tinggi. Zat ini mendorong tingkat estrogen untuk naik, dan menyebabkan sakit di rahim dan kram.
  • Kadar gula tinggi. Saat periode menstruasi, sebaiknya jauhi dulu permen, atau kue berkadar gula tinggi. Ia akan menyebabkan lonjakan gula darah dan menyebabkan perubahan mood Anda makin parah.
  • Kafein. Kafein menyempitkan pembuluh darah, dan memicu dehidrasi sebab Anda akan banyak BAK. Penyempitan pembuluh darah menyebabkan pusing, serta nervous. Jadi, ganti minuman Anda sementara dengan air putih atau susu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda