Scroll to Top

Tips Memijat Bayi Sendiri

By C Novita / Published on Tuesday, 30 Jul 2013

pijat bayi

Memijat bayi secara teratur dapat memperkuat pertumbuhan tulangnya, dan merangsang pertumbuhannya agar lebih pesat. Selain itu, melakukan pijat bayi secara psikologis akan mempererat hubungan antara ibu dan anak.

Jika dilakukan dengan tepat, pijat bayi pun bermanfaat meningkatkan sirkulasi darah dan sistem pencernaannya lebih sehat.

Berikut adalah beberapa tips memijat bayi dengan benar, seperti dilansir oleh situs Boldsky:

  • Pilih minyak yang aman bagi bayi

Menggunakan minyak pijat yang alami akan lebih baik bagi kulit bayi, misalnya minyak zaitun, baby oil, atau mustard oil. Hindari menggunakan minyak pijat yang panas, sebab dapat menyebabkan kulit bayi iritasi.

  • Mulai dari kaki

Kaki adalah awal yang baik untuk memijat bayi, sebab tak ada organ sensitif di sana. Mulailah dengan gerakan memutar dari arah paha ke pergelangan kaki bayi.

  • Pindah ke perut

Sapukan kedua telapak tangan dari arah tengah ke pinggir perut bayi, perlahan saja dengan tekanan lembut. Ulangi beberapa kali agar sistem pencernaan terbebas dari masalah gas dan sembelit.

  • Telapak kaki

Pijat telapak kaki bayi untuk merangsang sistem tubuhnya. Termasuk juga jari jemarinya, untuk membantu dalam masalah pertumbuhan gigi.

  • Punggung

Terakhir, pindah ke punggung. Sapukan telapak tangan dari arah bawah ke atas punggung bayi dengan gerakan lembut dan berirama.

Pijat bisa jadi aktifitas yang candu untuk bayi, sebab membuat mereka rileks dan bahkan tertidur. Lakukan secara teratur dan perhatikan bahwa mereka tak lagi rewel dan sulit tidur serta tumbuh dengan cepat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda