Scroll to Top

MediaTek MT8135, Chipset Quad Core dengan Konsep Mirip Exynos 5 Octa

By Ditya / Published on Tuesday, 30 Jul 2013
MediaTek MT8135
MediaTek MT8135

MediaTek tampaknya memang serius ingin menghancurkan dominasi Qualcomm Snapdragon dan Samsung Exynos di pasar chipset tablet dan smartphone. Setelah kemarin meluncurkan MT6592 yang merupakan chipset true octa-core pertama di dunia, kini MediaTek meluncurkan chipset quad-core MT8135 yeng menusun konsep ARM big.LITTLE, mirip Samsung Exynos 5 Octa.

MediaTek MT8135 ini mengusung prosesor quad-core dengan mekanisme 2 + 2 core, yang terdiri dari prosesor dual-core ARM Cortex-A15 dan prosesor dual-core ARM Cortex-A7. Kelebihan chipset MediaTek MT8135 ini adalah keempat inti prosesor yang terbagi dalam dua grup ini dapat bekerja secara bersamaan.

Hal ini berbeda dengan Samsung Exynos 5 Octa yang juga mengadopsi konsep ARM big.LITTLE yang terdiri dari dua grup prosesor quad-core ARM Cortex-A15 dan ARM Cortex-A7, di mana hanya salah satu grup saja yang dapat aktif sesuai kebutuhan pengguna. Pada Samsung Exynos 5 Octa, prosesor quad-core ARM Cortex-A15 digunakan untuk menangani tugas berat, sedangkan quad-core ARM Cortex-A7 untuk menangani tugas ringan.

Selain kemampuan menjalankan dua grup prosesor dual-core yang diusungnya, chipset MediaTek MT8135 ini juga memiliki keistimewan di sektor grafis yang ditenagai oleh pengolah grafis dari PowerVR G6200 yang diklaim lebih bertenaga dan lebih murah ketimbang pengolah grafis PowerVR SGX seri 5XT.

Tak hanya itu, chipset MediaTek MT8135 ini telah mendukung display nirkabel Miracast, konektivitas Bluetooth, WiFi, GPS, dan radio FM. Chipset MediaTek MT8135 ini akan membidik pasar smartphone dan tablet kelas menengah dan atas, tak heran hasil benchmark yang dihasilkannya cukup tinggi dan menalahkan Nexus 10.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (29/07/2013), smartphone atau tablet yang ditenaai oleh chipset MediaTek MT8135 akan mulai masuk pasar pada awal 2014 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda