Scroll to Top

Sony & Panasonic Kembangkan Optical Disc Berkapasitas 300GB

By Ditya / Published on Tuesday, 30 Jul 2013

Optical Disc

Sony dikabarkan menggandeng Panasonic untuk mengembangkan keping optik atau optical disc dengan kapasitas penyimpanan hingga 300GB. Angka ini cukup fantastis jika dibandingkan dengan optical disc lain seperti CD yan berkapasitas 700MB, DVD yang berkapasitas 4,7GB, atau BluRay yang berkapasitas 25GB.

Sony dan Panasonic telah menandatangani kesepakatan untuk mengembangkan standar baru optical disc untuk kelas profesional. Kehadiran teknologi optical disc ini merupakan investasi bisnis jangka panjang bagi Sony maupun Panasonic yang diharapkan akan dapat menjadi standar optical disc masa depan.

Optical disc masa depan berkapasitas 300GB besutan Panasonic dan Sony ini diharapkan akan dapat hadir pada akhir tahun 2015 mendatang. Pengembangan teknologi ini tak hanya berhenti pada kapasitas 300GB saja, karena Panasonic dan Sony akan mengembangkannya hingga mencapai kapasitas 1,5TB.

Tak hanya itu, optical disc yang dikembangkan oleh Panasonic dan Sony ini diklaim memiiki kemampuan yang cukup tangguh, antara lain adalah tahan air, tahan debu, dan kemampuan umum yang lebih tangguh daripada hard disk, SSD, dan flash drive. Sayangnya, tak disebutkan bahwa optical disc ini memiliki kemampuan tahan goresan. Seperti yan kita ketahui, banyaknya goresan pada keping optical disc saat ini adaah penyebab utama data yan tersimpan tidak dapat terbaca dengan baik.

Sayangnya, baik Panasonic maupun Sony tidak menyebutkan nama teknologi optical disc yang sedang dikembangkan saat ini. Namun, kapasitas optical disc hingga 300GB ini sangat menggiurkan karena kita dapat menyimpan banyak film HD daam satu keping optical disc canggih tersebut.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (29/07/2013), optical disc yang dikembangkan oleh Sony dan Panasonic ini diharapkan akan menjadi standar penerus BluRay yang ada saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda