Scroll to Top

10 Kebiasaan Pengguna Twitter yang Baik

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 30 Jul 2013

Twitter Logo

Twitter tidak sekadar berkicau atau nge-tweet. Microblogging ini miliki gaya tersendiri dalam cara berkomunikasi. Berikut 10 kebiasaan pengguna Twitter yang baik, yang dinukil dari situs All Twitter.

1. Konsistensi

Apa yang harus ditekankan soal konsistensi? Selain soal kicauan, pengguna Twitter yang baik juga konsisten soal topik yang mereka usung di linimasa.

2. Variasi

Mungkin terkesan ambigu, sebelumnya konsistensi, kini dituntut lakukan variasi. Yang jelas, variasi dilakukan agar tidak terjadi kebosanan. Variasi di topik yang sama tetap dikatakan konsisten bukan?

3. Bermanfaat

Apa pun yang dilakukan, hendaknya tak hanya bermanfaat bagi diri sendiri namun juga orang lain. Dan ini termasuk soal Twitter.

4. Endorsing

Tak hanya sekadar bermanfaat namun juga menyokong ‘pengguna’ lain. Misalkan saja soal komunitas yang ada atau gerakan sosial.

5. Berkicau dimana saja

Hari gini masih nge-tweet via PC? Berkicaulan dimana saja dan kapan saja. Sebab, tatkala Anda di dalam perjalanan atau dimanapun itu, kadang inspirasi serta ilham menyapa.

6. Memutakhirkan list

Ini penting sebab pengguna Twitter terus bertambah dan bertambah. List yang dibuat bulan lalu dengan 50 member mungkin akan bertambah anggotanya enam bulan kemudian.

7. Mutakhirkan following dan follower

Pengguna ikuti akun Twitter orang lain ada pelbagai alasan. Misalnya tertarik atau karena mereka men-follow duluan. Mutakhirkan dua faktor ini secara berkala. Gunakan tool gratisan di internet.

8. Monitor tautan

Suka berbagi link di Twitter? Monitor hasilnya. Apakah hasilkan banyak klik dan bagaimana soal demografinya. Gunakan tool dari bit.ly atau HootSuite.

9. Gunakan tagar seperlunya

Hashtag memang keren. Namun gunakan seperlunya. Jangan paksakan banyak tagar di satu kalimat (tweet). Selain terkesan berjibun, roh tagar sendiri akan hilang. Malah menjurus ke spam.

10. Cek mention

Jika Anda salah satu pengguna Twitter populer (seleb twit), banjir mention pasti terjadi. Maka, tak wajib membalasnya satu demi satu. Namun penting untuk mencek mention bagi pengguna ‘biasa’. Sebab, komunikasi yang sesungguhnya di Twitter sejatinya melalui sebutan bersimbol ‘@’ ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda