Scroll to Top

Tips Mendidik Anak agar Berkarakter Baik

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 30 Jul 2013

anak

Mendidik anak tidak mudah. Partisipasi penuh dari orang tua sangat diperlukan untuk menata mereka menjadi pribadi yang matang saat dewasa. Untuk itulah, sempatkanlah berinteraksi dengan anak sesering mungkin agar mereka mendapatkan pendidikan karakter itu langsung dari kedua orang tua mereka.

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar anak-anak bisa disetting menjadi manusia berkarakter baik:

  1. Berikan contoh teladan agar anak-anak bisa mengikuti. Anak-anak memiliki kecenderungan meniru berbagai hal di sekitarnya. Jika dari dini diperlihatkan sikap-sikap yang baik, maka dia akan menjalankannya hingga dewasa. Misalnya membuah kotoran di tempat sampah, berjabat tangan dengan teman, dan sebagainya.
  2. Saat menemui anak mendadak nakal di tempat umum, bersabarlah dan coba berdiskusi sesuai penalaran yang dimiliki anak-anak. Jika dia masih tidak mengindahkan, berikan ucapan tegas tanpa perlu meninggikan suara atau memukulnya. Tindakan kasar hanya akan membuat mereka memberontak.
  3. Perlakukan anak-anak seperti halnya Anda memperlakukan orang dewasa. Tempatkan mereka sebagai orang yang juga harus dihormati. Jika mereka memiliki suatu pendapat, dengarkanlah. Kalau perlu, ikutkan anak-anak terlibat dalam pengambilan keputusan untuk urusan yang ringan.
  4. Tekan keinginan Anda memarahi anak. Kehilangan kesabaran adalah bentuk titik lemah Anda. Semakin anak sering mendapat marah, dia mungkin akan merasa terkucil. Ingatlah, saat anak membuat Anda senang atau marah, Anda tetap punya kewajiban menjadi pengajar untuk mereka. Berikan contoh yang baik.
  5. Saat Anda memberikan peringatan keras pada anak karena kenakalannya, iringi dengan tindakan yang menunjukkan kasih sayang. Ini untuk memahamkan anak bahwa rasa sayang Anda sebagai orang tua tidak akan lekang sekalipun sesekali Anda memarahinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda