Scroll to Top

Bangun Pagi Bikin Tubuh Ramping dan Sehat

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 20 Sep 2011

Bangun pagi punya efek yang menyehatkan bagi kesehatan. Menurut penelitian dari Universitas Roehampton, Inggris, orang yang terbiasa bangun pagi memiliki indeks massa yang rendah, merasa lebih sehat, dan bahagia.

“Mereka yang biasa bangun pagi cenderung lebih sehat dan bahagia serta memiliki indeks massa tubuh lebih rendah,” kata  Dr Joerg Huber, salah seorang peneliti. Dengan rendahnya indeks massa, maka tubuh menjadi lebih ramping.

Berbeda dengan orang yang biasa bergadang, mereka akan bangun dengan keadaan lesu. Konsentrasi juga menurun. Orang dengan kebiasaan tidur larut malam juga berpotensi memiliki kelebihan berat badan, stres, dan tertekan perasaannya.

Penelitian ini melibatkan 1.068 relawan dewasa. Mereka diwawancarai terkait kesehatan dan kebiasaan tidur. Mereka yang rutin mengawali harinya lebih pagi pagi, ternyata rata-rata merasa lebih bahagia dan punya berat badan ideal. Kualitas hidupnya cukup baik.

Tubuh ramping dan sehat ini tidak serta merta terjadi begitu saja. Karena, orang yang bangun pagi biasanya melanjutkan dengan aktivitas fisik. Seperti menyiapkan kebutuhan untuk keluarga, menangani urusan rumah tangga, mempersiapkan urusan kantor, dan sebagainya. Aktivitas inilah yang membuat badan lebih sehat dan kalori berlebihan bisa dibuang. Ditambah dengan jam tidur yang cukup, pikiran menjadi lebih segar.

“Mungkin tipe orang yang rutin bangun pagi lebih cocok untuk dunia industri seperti saat ini, ketimbang mereka yang bangun kesiangan,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda