mudik aman

Kejahatan dengan modus hipnotis atau obat bius biasanya marak terjadi saat musim mudik lebaran seperti saat ini. Sudah tak terhitung lagi korban yang berjatuhan diakibatkan kasus tersebut. Tak hanya harta, bahkan nyawa pun dapat hilang bila Anda tak waspada.

Perampok yang memakai obat bius sebagai cara melumpuhkan korban akan berpura-pura menawarkan aneka makanan atau minuman yang sebelumnya telah dibubuhi obat bius terlebih dahulu.

Tak main-main, obat bius yang mereka gunakan biasanya berdosis tinggi yang mampu membuat korban tak sadar dalam waktu berhari-hari.

Untuk mencegah terjadinya hal yang tak diinginkan tersebut, sebaiknya Anda waspada dan tak menerima jenis makanan apapun yang ditawarkan oleh orang yang baru Anda kenal.

Para penjahat itu biasanya memilih korban yang berlogat sama dengan daerahnya, misalnya Jawa. Ia akan mengajak ngobrol dan setelah akrab lalu menawarkan makanan atau minuman.

Untuk kejahatan hipnotis, cara untuk menangkalnya adalah dengan banyak-banyak mengingat hal lain. Jangan fokus pada satu hal saja, misalnya fokus pada obrolan dengan si penjahat. Selalu alihkan fokus Anda pada dzikir, mengingat Sang Pencipta, atau membaca.

Bila tiba-tiba segerombolan orang mengerumuni Anda dan berbicara tentang suatu hal, segera menyingkir atau cari lokasi ramai atau dekati petugas keamanan. Hindari untuk terpengaruh dengan pembicaraan orang-orang tersebut.

Yang pasti, jangan biarkan pikiran Anda kosong sehingga orang yang berniat jahat dapat mempengaruhi Anda. Waspadalah selalu, semoga perjalanan mudik Anda selalu aman sampai tujuan.