Scroll to Top

Kiper Legendaris Barcelona, Antoni Ramallets Meninggal Dunia

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 31 Jul 2013

Kiper Legendaris Barcelona, Antoni Ramallets Meninggal Dunia

Barcelona kehilangan salah satu legenda terbaiknya, Antoni Ramallets. Kiper yang membantu klub Catalan menyabet enam gelar Liga Spanyol tersebut meninggal pada Selasa, 30 Juli 2013 pada usia 89 tahun.

Kiper yang meraih lima trofi Zamora tersebut, memperkuat Barcelona pada periode 1947 hingga 1962. Ia juga tampil untuk timnas Spanyol dalam kurun waktu tersebut, terutama pada Piala Dunia 1950 di Brazil. Dalam turnamen empat tahunan tersebut, Ramallets mendapat julukan Kucing Maracana setelah serangkaian penyelamatannya yang membawa Spanyol hingga menapaki babak penyisihan grup kedua.

Pria yang juga pernah berkostum Real Mallorca dan Real Valladolid ini, tampil 538 kali untuk Barca. Termasuk 288 laga di liga domestik. Ramallets berada dalam salah satu tim tersukses Barcelona dalam sejarah, dengan beberapa bintang seperti Laszlo Kubala, Sandor Kocsis, dan Luis Suarez.

Setelah gantung sepatu, Ramallets sempat menukangi beberapa klub. Mulai dari Real Valladolid, Real Zaragoza (tempatnya memenangi Copa del Rey 1963-64), hingga Hercules. Yang terakhir adalah Deportivo Ilicitano pada musim 1968-1969.

Para pemain Barcelona sendiri mengenakan pita hitam dalam pertandingan melawan Lechia Gdansk untuk mengenang salah satu kiper terbaik yang dimiliki Barcelona ini. Dalam beberapa tahun terakhir sendiri, Ramallets mendapatan beberapa penghargaan, namun tak bisa menghadiri acara-acara tersebut karena masalah kesehatan.

Hingga musim ini, hanya ada Victor Valdes, sesama kiper Barcelona yang pernah mendapatkan Trofi Zamora sebanyak kiper kelahiran 1 Juli 1924.

Descanse En Paz, Ramallets.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda