Scroll to Top

Chrome 14: Masih Menjadi Web Browser Terbaik Saat ini!

By Moch Ridwan / Published on Tuesday, 20 Sep 2011

Aneh tapi nyata, pada saat Firefox sudah mulai berkembang ketingkatan terjauhnya web browser ini tak menampakkan tanda-tanda yang jauh lebih baik, malahan tambah menjadi tak begitu stabil. Sebaliknya terjadi pada Google Chrome dimana setiap versi terbaru yang dirilis selalu terdapat peningkatan perbaikan yang nyata.

 Chrome 14 dalam opini saya saat ini masih menjadi web browser terbaik jika dipergunakan dalam berbagai sistem opersai yang ada sekarang. Kenapa? Berikut penjelasan jika dibandingkan dengan edisi IE 9 (Internet Explorer) dan Firefox.

Jika dihubungkan dengan kompatibilitas dengan aplikasi web standar saat ini maka Chrome 14 adalah pemenangnya. Dengan memakai tes ‘Acid 3 compatibility test’ untuk mengetahui bagaimana sebuah browser kompatibel dengan Cascading Style Sheets (CSS), JavaScript, dan Extensible Markup Language maka Chrome memiliki nilai penuh sedangkan Firefox 6 dan IE masing-masing hanya memperoleh nilai 97 dan 95.

Begitu pula jika dilakukan test dengan menggunakan HTML 5 maka sekali lagi Chrome merajai kemampuannya. Chrome 14 memiliki skor 341 dari nilai penuh 450, Firefox 6.02 mendapat 313 dan IE 9.0.8 hanya 141.

Dalam hal performa, artinya saya menggunakan Chrome 14 dalam semua sistem yang saya miliki seperti Chrome OS dalam Samsung Chromebook, Mac OS Snow Leopard dan Lion, dan Windows Xp dan 7 maka semuanya menghasilkan hasil yang sangat memuaskan. Dengan menggunakan SunSpider 0.9.1 dimana nilai rendah menghasilkan performa yang bagus, Chrome mendapat skor 249.9 ms, IE 9 dan Firefox masing-masing mendapatkan 252.6 dan 301.2 ms.

Fitur lain yang lebih kompetitif adalah Chrome 14 mendukung aplikasi C dan C++ dalam Google Native Client SDK ( kit software untuk developer), yang bisa digunakan oleh developer untuk membuat aplikasi yang bisa di jalankan secara lokal dengan menggunakan Chrome.

Keistimewaan lainnya yang mungkin begitu penting tapi menarik adalah adanya aplikasi antarmuka pemrograman web audio (API) dimana hal ini memungkinkan developer untuk menciptakan efek suara untuk game dan aplikasi lainnya. Dengan menggunakan fitur ini maka Anda bisa menambahkan efek suara 3D dan kemudian menambahkannya dengan sumber suara yang lainnya.

Secara umum Chrome 14 bukan hanya cepat dan penuh dengan berbagai fitur menarik, akan tetapi web browser Chrome akan semakin popular dari hari ke hari. Di Amerika Selatan chrome sudah menjadi web browser nomor satu bagi pengguna internet dan dalam hitungan yang tak lama maka Chrome saya yakin bisa menjadi web browser nomor 1 dunia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda