Scroll to Top

Olahraga Dapat Sebabkan Serangan Jantung

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 21 Sep 2011

Beberapa selebritis Indonesia meninggal karena serangan jantung setelah atau saat berolahraga. Sebut saja komedian Benyamin dan Basuki. Atau, tokoh legislatif, Adjie Massaid. Mereka meninggal setelah sebelumnya melakukan olahraga sepakbola.

Barangkali ada pertanyaan, kenapa olahraga yang seharusnya menyehatkan malah membuat pelakunya kena serangan jantung? Sebenarnya, saat berolahraga, ada peningkatan pada tekanan darah dan ritme jantung. Serangan jantung tersebut terjadi ketika olahraga berat dilakukan oleh orang yang sebelumnya jarang atau tidak berolahraga dengan rutin. Akibatnya, kondisi tekanan darah dan aktivitas jantung yang  meningkat secara tiba-tiba ini, memperbesar potensi terjadinya serang jantung.

“Tak semua olahraga menjamin Anda terhindar dari penyakit jantung. Justru olahraga malah bisa memperbesar risiko serangan jantung,” ujar dr. A. Sari Mumpuni, seorang dokter spesialis jantung.

Oleh karena itu, jangan memaksakan diri dengan olahraga berat jika kemampuan tubuh tidak bisa mengimbanginya. Olahraga yang baik adalah olahraga yang terukur sesuai kemampuan tubuh.

Untuk melihat olahraga yang cocok dengan kondisi fisik Anda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Jika fisik Anda ternyata lebih cocok dengan olahraga jalan kaki, jangan paksakan untuk bermain sepakbola. Tentunya, lakukan olahraga secara rutin untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda