Scroll to Top

Total 7 Miliar SMS Diprediksi Terkirim Saat Lebaran

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 31 Jul 2013

SMS Terancam Punah

Idul Fitri tinggal hitungan hari. Salah satu budaya yang lekat dengan tradisi di Hari Raya yakni saling berkirim pesan singkat. Diprediksi, total ada 7 miliar SMS terkirim di saat Lebaran nanti.

Bermiliar-miliar SMS tersebut akan dikirimkan pada H-1 dan H+1 Lebaran atau selama tiga hari. Demikian menurut Gatot S. Dewa Broto, Kepala Humas dan Pusat Informasi Kementerian Kominfo. Masih menurutnya, angka di atas adalah sebuah lonjakan yang tak biasa jika dibandingkan hari-hari normal.

“Akan terjadi lonjakan trafik layanan telekomunikasi hingga 20% sampai 37% dari hari biasa,” ujarnya.

Dikutip dari Liputan6, jumlah di atas hanya bersumber dari pesan SMS saja. Angka ini belum ditambah dari pesan aplikasi instant message macam WhatsApp, KakoTalk, LINE, dan jangan lupa Blackberry Messenger (BBM).

Jika dijumlah dari layanan perpesanan non SMS di atas, angkanya bisa naik 360% dari hari biasa. Namun, meski melonjak, ternyata angka yang ada justru turun jika dibandingkan tahun sebelumnya di angka 21% dan turun 2% di hari biasa.

Ini terjadi sebab pada periode Januari hingga Juli 2013 banyak pelanggan yang beralih ke layanan data lain. Sedangkan untuk trafik telepon diperkirakan akan terjadi 6,68 miliar menit dalam kurun waktu tiga hari itu.

Untuk panggilan telepon angkanya justru naik. Jika dibandingkan tahun 2012 naik sekitar 14% dan 21% dari hari normal. Data ini di sepanjang bulan Januari hingga Juli 2013. Lantas bagaimana dengan komunikasi data?

Diperkirakan akan alami peningkatan hingga 238 TB atau naik 26% hingga 65% jika dibanding kondisi normal. Hal ini sangat wajar sebab banyak pelanggan pasti akan rajin akses situs-situs media sosial, akses informasi jalan di internet, dan unggah foto saat mudik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda