Scroll to Top

Cara Membuat Bubuk Pembersih Gigi Pengganti Pasta Gigi

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 31 Jul 2013

gosok gigi

Pasta gigi bukanlah harga mati sebagai bahan pelengkap untuk menggosok gigi. Sebenarnya Anda bisa membuat sendiri pengganti pasti gigi dari bahan alami. Bentuknya bukan pasta, melainkan bubuk. Bubuk ini sama efektifnya untuk membersihkan noda dan kotoran di gigi.

Dikutip Times of India, dalam membuat bubuk pembersih gigi ini semua bahan wajib dalam kondisi halus. Tekstur halus memudahkan penggosokan noda atau kotoran di gigi terjadi secara halus dan tidak merusak enamel. Dan, bahan-bahan yang dipakai bisa untuk mengatasi noda, tartar, dan plak gigi.

Untuk membuat bubuk pembersih gigi, berikut cara yang bisa Anda lakukan:

  1. Bubuk pembersih gigi rasa jeruk. Bahan yang diperlukan adalah soda bikarbonat 1 cangkir, garam laut yang dihaluskan 2 sendok makan, kulit jeruk kering yang ditumbuk halus 1 sendok makan, dan minyak peppermint 5 tetes.  Cara membuatnya cukup campurkan dan aduk semua bahan menjadi satu. Simpan ramuan ini ke dalam wadah kedap udara. Jika diperlukan untuk menggosok gigi, tinggal ambil secukupnya.
  2. Bubuk pembersih gigi rasa kayu manis. Bahan yang diperlukan adalah kalsium karbonat setengah cangkir, soda bikarbonat setengah cangkir, minyak peppermint 10 tetes, minyak kayu manis 5 tetes, bubuk kayu manis halus 1 sendok teh. Cara membuatnya, campur semua bahan yang kering menjadi satu di dalam sebuah mangkuk. Tambahkan minyak secara bersamaan lalu aduk sampai rata untuk mencegah penggumpalan. Setelah itu, simpan dalam wadah kedap udara. Ambil secukupnya saat hendak menggosok gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda