Scroll to Top

Wanita Membeli Barang Mewah Hanya Untuk Pamer

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 31 Jul 2013

shopping

Studi terbaru mengatakan, wanita yang membeli tas dan sepatu karya desainer atau merek ternama lebih sering bertujuan untuk memikat wanita lain. Dia ingin menunjukkan bahwa ada status yang lebih “terhormat” kala harus bersaing dengan wanita yang ada di sekitarnya, saat mengenakan barang bermerek tersebut. Wanita membeli barang bermerek tidak lebih hanya sekadar ingin pamer.

Studi yang digawangi Vladas Griskevicius dari Carlson School of Management di University of Minnesota itu menemukan, wanita juga memakai barang bermerek untuk bersaing dalam mempertahankan pria. Memakai barang bermerek dan pergi bersama pria berkelas, seolah menunjukkan “ini pria saya” dan mengharapkan wanita lain tidak mendekati pria idamannya itu.

“Ini mungkin tampak tidak rasional bahwa setiap tahun orang Amerika menghabiskan lebih dari $ 250 milyar untuk produk wanita mewah dengan rata-rata wanita memiliki tiga tas baru dalam setahun. Tapi konsumsi berlebihan sebenarnya langkah cerdas bagi wanita yang ingin melindungi hubungan mereka,” kata Griskevicius, seperti dikutip CBS News.

Dalam penelitian sebelumnya yang dilakukan Griskevicius, hasilnya berkebalikan dengan studi yang dilakukan pada pria. Pria yang sering membeli produk berkelas lebih bertujuan untuk menunjukkan tinkat kekayaannya dan dalam usaha menarik minat wanita. Namun, wanita justru membeli barang berkelas hanya untuk bersaing dengan wanita lain. Wanita tidak melakukannya untuk merebut perhatian pria. Perilaku seperti ini, ungkap Griskevicius, sudah berada pada pemikiran bawah sadar. Semua seolah berjalan otomatis.

“Fakta bahwa produk mewah (yang dimiliki) kebanyakan wanita tersebut bertujuan untuk mengesankan wanita lain, membantu menjelaskan mengapa pria lebih sulit mencari tahu apakah tas seorang perempuan seharga  $ 50 atau $ 5,000,” jelas Griskevicius.

Kabar baik bagi wanita yang tidak terlalu silau dengan barang-barang mewah. Pasalnya, ujar Griskevicius, mereka tidak berambisi untuk pamer yang akhirnya tidak terlalu mengkhawatirkan untuk kehilangan sesuatu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda