Scroll to Top

Intel Minnowboard, Siap Saingi Raspberry Pi

By Ditya / Published on Thursday, 01 Aug 2013
Intel Minnowboard
Intel Minnowboard

Kemunculan komputer mini Raspberry Pi tampaknya berhasil menciptakan tren baru di di dunia komputer dan mendorong banyak produsen untuk menghadirkan produk serupa. Baru-baru ini muncul komputer mini yang mengusung konsep mirip dengan Rasberry Pi, yakni Intel Minnowboard yang siap bersaing dengan komputer mini berbasis ARM tersebut.

Intel Minnowboard ini mengusung konsep DIY (Do It Yourself) yang memungkinkan hacker dan pengembang untuk menciptakan perangkat baru berbasis komputer mini Intel Minnowboard. Raspberry Pi sendiri saat ini menjadi basis dari banyak proyek kreatif.

Komputer mini Intel Minnowboard ini datang dengan dimensi 4 x 4 inci yang ditenagai oleh prosesor Intel Atom E640 dengan kecepatan 1GHz 32-bit yang dipadukan dengan pengolah grafis dari Intel GMA 600 dan memori RAM sebesar 1GB, serta dilengkapi dengan memori internal sebesar 4MB untuk firmware.

Intel Minnowboard ini datang dengan dukungan slot microSD dan port SATA II untuk menambahkan memori penyimpanan utama, baik SSD, hard disk maupun microSD. Sektor konektivitas, Intel Minnowboard ini didukung oleh port HDMI, port USB, Ethernet, dan pin GPIO.

Sektor sistem operasi, Intel menawarkan Angstrom Linux untuk Minnowboard. Tak hanya itu, Intel Minnowboard ini kompatibel dengan Yocto Project yang memungkinkan pengguna untuk membuat distribusi Linux buatan sendiri. Bagaimana dengan Windows? Kabranya, Intel Minnowboard ini juga kompatibel dengan sistem operasi Windows 8.

Seperti yang dilansir dari Liliputing (31/07/2013), Intel Minnowboard ini merupakan proyek dari Open Source Technology Center milik Intel. Sayangnya, harga yang ditawarkan Intel Minnowboard ini cukup mahal, yaknu US $199 atau sekitar Rp 2 juta. Bandingkan dengan Raspberry Pi seharga $35 atau sekitar Rp 350 ribu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda