Scroll to Top

Blackberry BM Merejalela, Penjualan BB Distributor Turun Drastis

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 01 Aug 2013

BlackBerry 10

Dengan harga yang terjangkau atau murah, siapa yang tak tergoda dengan Blackberry BM atau Black Market (pasar gelap). Imbas dari kencangnya ‘pasar’ ini, penjualan distributor Blackberry  turun drastis. Salah satunya adalah Erajaya.

PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) mengamini jika angka penjualan ponsel bermerek BB ini terus alami penurunan sejak beberapa tahun terakhir. Sedangkan salah penyebabnya akibat menjamurnya ‘BB gelap’ yang senter beredar.

Blackberry sendiri sejatinya sudah turun di pasar internasional. Namun untungnya di Indonesia belum. Sayangnya, angka penurunan itu tetap ada tapi dari faktor lain. Menurut Djatmiko Wardoyo, Director Marketing dan Communication Erajaya menyebut jika BB BM telah mendominasi pasar tanah air.

“Bayangkan saja produk BM BB model Q10 dan Z10 sudah mencapai 50 persen. Handphone BB yang black market sudah menguasai pasar Indonesia,” ujarnya yang dikutip dari Liputan6.

Dalam pada itu ada faktor lain mengapa BB terus alami penurunan penjualan. Selian BB black market di pasar, sebut Djatmiko, BB juga sangat jarang lakukan inovasi saat keluarkan produk baru. Sehingga, sangat jelas jika pemakai BB di tanah air kian berkurang.

Meski berkurang, Blackberry tetap jadi merek andalan Erajaya terkait dengan penjualan. Dari lima merek ternama, BB hadir di posisi nomor tiga yang keseluruhannya mendorong 80% penjualan.

“Penjualan kami terbesar masih di 5 merek ternama Samsung, Apple, Blackberry, Nokia dan Sony,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda