Scroll to Top

Facebook Kini Gunakan Koneksi Aman HTTPS Sebagai Default

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 01 Aug 2013

Facebook HTTPS

Facebook kini gunakan koneksi aman HTTPS sebagai default login pengguna. Sebelumnya, ‘jalur aman’ ini dirilis pada bulan November tahun lalu namun tidak berposisi sebagai default, melainkan optional.

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah versi aman dari HTTP atau Protokol Transfer Hiperteks. Ditemukan pertama kali oleh Netscape Communications Corporation, protokol ini digunakan untuk autentikasi dan komunikasi tersandi dan komersi elektris.

Terkait dengan HTTPS Facebook, jejaring sosial ini mulai tawarkan koneksi aman ke pengguna sejak dua tahun yang lalu. Pengguna bisa men-swicth ke HTTPS atau tetap ke HTTP seperti biasa. Tentu saja Facebook waktu itu menyarankan untuk memilih di versi aman.

Kini, dengan dijadikannya sebagai default maka seluruh pengguna FB bakal masuk dan login via laman Facebook ber-HTTPS. Secara sederhana, dengan koneksi ‘aman’ tersebut akan membuat akun pengguna lebih terlindungi dari ‘celah’ apa pun.

Scott Renfro, Software Engineer Facebook menulis di laman Facebook Engineering jika peralihan ini bukanlah sesuatu yang mudah. Ia menyebutnya dengan sesuatu yang rumit.

“Beralih ke https lebih rumit daripada yang diduga. Ini bukan hanya masalah mengarahkan dari http ke https, namun ada perubahan dan perbaikan yang dilakukan,” tulisnya.

Dengan default laman HTTPS maka mengurangi angka phising yang kerap terjadi yang berkamuflase laiknya Facebook. Kini, pengguna tinggal memerhatikan alamat URL-nya saja. Jika tidak diawali dengan HTTPS, bisa dipastikan jika laman FB yang sedang dibuka adalah palsu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda