Share

Bayern Munchen vs Manchester City 2

Penalti Thomas Mueller dan tandukan Mario Mandzukic membuat hasil pertandingan Bayern Munchen vs Manchester City di final Audi Cup 2013 berakhir dengan skor 2-1. Berkat kemenangan ini, Bayern Munich meraih Audi Cup kedua mereka. Ini keberhasilan berikutnya setelah juara Telekom Cup dan Uli Hoeness Cup 2013, sekaligus mengobati kekecewaan setelah hasil buruk di Piala Super Jerman.

Bayern Munchen berangkat ke final Audi Cup 2013 setelah membekap Sao Paulo dengan skor 2-0. Sementara itu, Manchester City lebih mengerikan lagi karena menyayat AC Milan 5-3 setelah sempat unggul 5-0 terlebih dahulu. Dan kini duel wakil Jerman melawan wakil Inggris tak terelakkan di bawah dua alumnus Liga Spanyol. Pep Guardiola dengan taktik 4-1-4-1 dan Manuel Pellegrini dengan skema khas 4-2-3-1.

Bermain tanpa penyerang murni, Munchen langsung mendapatkan peluang melalui Franck Ribery yang dibendung oleh kiper kedua Manchester City, Costel Pantilimon. Seperti berkaca pada hasil buruk di Piala Super Jerman, Bayern mencoba tampil lebih cepat dan melakukan pressure ketat. Akibatnya, hingga 20 menit pertama, The Citizens belum menemukan resep untuk mengancam juara Bundesliga.

Namun di sisi lain, tim yang dipimpin Philipp Lahm juga tak bisa berbuat banyak untuk mencari gol. Tembakan yang dilepaskan barisan depan mereka dimentahkan Pantilimon kalau tidak tepat sasaran. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Manuel Pellegrini ingin timnya lebih garang. Maka, Jesus Navas dan Yaya Toure masuk di awal babak kedua. Sementara itu, Pep Guardiola juga merombak deretan gelandangnya. Plus memasukkan Mario Mandzukic untuk menambah daya gedor serangan. Malah, City yang lebih dahulu unggul.

Melalui sebuah serangan balik memanfaatkan sapuan lini belakang, Samir Nasri mengirimkan umpan brilian kepada penyerang baru Alvaro Negredo. Mantan pemain Sevilla ini lebih cepat daripada Javi Martinez dan menjebol gawang Manuel Neuer. 0-1 di menit 61.

Cuma butuh lima menit bagi Bayern untuk menyamakan kedudukan. Zabaleta melakukan hand ball di kotak terlarang. Dan Thomas Mueller sukses mengecoh Pantilimon ke arah sebaliknya.

Bayern Munchen yang lebih pandai memanfaatkan momen karena menit 73, mereka berbalik unggul berkat Mario Mandzukic. Memanfaatkan umpan Thomas Mueller, penyerang Kroasia ini sukses menanduk bola dan membuat skor menjadi 2-1.

Bayern

Bayern masih membuat peluang ketika tembakan Mandzukic masih membentur mistar di menit 81. Upaya tambahan dari pasukan Pep Guardiola tidak menghasilkan gol apa pun. Sementara itu, Manchester City juga tak lagi bisa menyamakan kedudukan, setelah aksi Edin Dzeko bisa dibendung oleh Manuel Neuer di menit 89.

Bayern sukses unggul 2-1 dan menambah trofi pramusim mereka. Namun penyelesaian akhir masih menjadi pe-er utama Pep Guardiola.

Manchester City (4-2-31): Pantilimon – Zabaleta, Kompany, Boyata, Clichy – Fernandinho, Barry (Yaya Toure ’46)- Milner, Jovetic (Navas ’46), Nasri – Negredo (Dzeko ’73)

Bayern Munchen (4-1-4-1): Neuer – Lahm, Javi Martinez, Dante (van Buyten ’67), Alaba – Thiago (Mandzukic ’56) – Robben (Shaqiri ’56), Kroos (Rafinha ’59), Schweinsteiger (Kirchhoff ’62),  Ribery – T. Müller